Ambeien

Back to homepage

Ambeien (wasir) : atau hemoroid adalah suatu penyakit karena pelebaran pleksus venosus hemoroidalis (anyaman pembuluh darah vena pada anus).

Gejala dan tanda : Tergantung lokasi pelebaran. Hemoroid internal (diatas linea dentata) biasanya ditandai perdarahan rectum yang tidak nyeri, hemoroid eksternal (dibawah linea dentata) menyebabkan beberapa gejala seperti pembengkakan dan nyeri bila terjadi thrombosis, selain keluhan keluarnya darah saat BAB.

Hemoroid internal dibagi menjadi 4 sesuai derajat prolaps-nya.

Derajat I     :  Terdapat perdarahan merah segar pada rectum pasca defekasi,  tanpa disertai rasa nyeri, tidak terdapat prolaps. Pada pemeriksaan anoskopi terlihat permulaan dari benjolan hemoroid yang menonjol ke dalam lumen.

Derajat II     : Terdapat perdarahan/tanpa perdarahan sesudah defekasi,  terjadi prolaps hemoroid yang dapat masuk sendiri (reposisi spontan).

Derajat III   : Terdapat perdarahan/tanpa perdarahan  sesudah defekasi, terjadi prolaps hemoroid yang tidak dapat masuk sendiri sehingga harus didorong dengan jari (reposisi manual).

Derajat IV  : Terdapat perdarahan sesudah defekasi, Terjadi prolaps hemoroid yang tidak dapat didorong masuk (meskipun sudah direposisi akan keluar lagi).

Terapi          : Konservatif meliputi diet tinggi serat, banyak minum, obat non-steroid antiinflamasi, istirahat. Prosedur standar seperti rubber band ligation, scleroterapi, katerisasi dapat dikerjakan sesuai indikasi. Terapi bedah diusulkan bila terapi konservatif dan prosedur standar gagal.

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.