4 Mitos Salah tentang Kesehatan

4 Mitos Salah tentang Kesehatan

Sehatmagz – Tak sedikit mitos salah yang beredar terkait dengan kesehatan. Jangan lakukan ini, jangan lakukan itu, tanpa ada penjelasan ilmiah. Layaknya mitos pada umumnya, ada yang percaya, ada juga yang tidak.

Tapi, akan lebih baik jika kita tak hanya mendengar mitos, tapi juga mengetahui faktanya. Berikut empat mitos dan fakta sebenarnya seputar masalah kesehatan.
1.Mitos: Memakai bra saat tidur akan menyebabkan kanker payudara

Fakta: Dalam sebuah penelitian, tidak ditemukan hubungan antara kanker payudara dengan pemakaian bra ketika tidur. Tidak ada risiko kanker payudara dalam lamanya dan jenis bra apa yang digunakan wanita ketika tidur.

 

2.Mitos: Tidak boleh makan ikan ketika hamil

Fakta: Tidak semua ikan. Dalam American Journal of Epidemiology, ibu hamil yang gemar memakan ikan akan membantu perkembang otak anak terutama peningkatan IQ.
Tiga sampai empat porsi ikan (termasuk ikan tuna) sangat baik untuk IQ calon anak. Yang perlu ibu hamil hindari adalah ikan dengan merkuri yang tinggi seperti hiu dan mackerel.

 

3.Mitos: Jari yang retak menyebabkan penyakit Arthitis

Fakta: Penyakit Arthitis terjadi, karena pembengkakan sendi dan membuat tubuh jadi sulit bergerak. Ketika jari retak tidak ada hubungannya dengan penyakit ini. Hanya akan terjadi memar saja.
4.Mitos: Makan kedelai menambah kesuburan

Fakta: Kedelai memang bagus, terutama untuk hewan. Karena fitoestrogen yang terkandung di dalamnya memengaruhi kesuburan. Namun, ini belum terbukti pasti pada manusia manusia, seperti dikutip dari health.kompas.com. Masih sedikit kasus yang bisa dijadikan pedoman.

Justru, jika wanita terlalu banyak mngonsumsi protein dari kedelai akan menyebabkan masalah ovulasi.

 

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.