Bahaya Kebiasaan Memakai Sepatu High Heels

Bahaya Kebiasaan Memakai Sepatu High Heels

Sehatmagz – Mengenakan sepatu hak tinggi menjadi kebiasaan harian sebagian besar kaum wanita urban agar terlihat anggun dan cantik. Namun, dibalik itu terdapat bahaya yang mengancam kesehatan. Bahayanya bagian betis dan kaki, akan lebih berisiko terkena varises, sering pegal di bagian inggul, masalah pada tumit, dan gangguan kesehatan lainnya.

Karena itu, menurut spesialis kulit dan kelamin RS Sioam TB Simatupang Jakarta dr Fitria Amalia Umar SpKK, perempuan tidak boleh sering menggunakan sepatu berhak tinggi.

“Tekanan pada tumit bisa menyebabkan pembuluh darah tersumbat dan aliran darah balik ke jantung juga tidak lancar. Akibatnya timbul bercak mirip urat-urat tipis berwarna muncul di bagian kaki bawah. Dilihat secara estetika, jelas ini tidak sedap dipandang mata,” jelas Fitria.

Bagi mereka yang diharuskan bersepatu hak tinggi untuk kegiatan sehari-hari, dia menyarankan agar selalu rajin melepas sepatunya ketika ada waktu istirahat. Melakukan peregangan dan pemanasan juga penting agar urat dan otot di bagian tumit agar kaki tidak kaku. Otot yang kaku, rentan menimbulkan sumbatan pada pembuluh darah.

Ada baiknya jika perempuan juga selalu membatasi penggunaan sepatu berhak tinggi dan kegiatan berdiri statis, seperti dikutip dari harian republika. Karena, menurut pakar nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta dr Ade Sri Wahyuni SpRM, selain dapat menimbulkan varises, kegiatan berdiri statis dengan sepatu hak tinggi tanpa disadari dapat meningkatkan beban otot lutut sehingga menimbulkan cidera ligamen.

“Stretcing atau peregangan penting bagi pekerja yang diwajibkan bersepatu hak tinggi setiap harinya. Meski begitu, banyak pula mitos bahwa bersepatu hak tinggi dapat meningkatkan gangguan keputihan. Tetapi, faktanya hal itu tidak ada hubungannya. Namun kita harus membatasi dalam mengenakan sepatu hak tinggi demi kesehatan otot kaki dan kelancaran peredarran darah,” kata dia.

 

 


Categories: Berita Kesehatan

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.