Indonesia Waspadai Penyebaran Virus Zika

Indonesia Waspadai Penyebaran Virus Zika

Sehatmagz – Pemerintah Indonesia meningkatkan kewaspadaan, terkait potensi masuknya virus zika ke Tanah Air. Hal tersebut menyusul laporan puluhan warga Singapura yang terindikasi positif terjangkit virus yang ditularkan nyamuk Aedes.

“Kami harus meningkatkan kewaspadaan dan mencoba untuk mencegah kalau memang berita tersebut sudah terkonfirmasi benar,” ujar Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, di Istana Kepresidenan, Senin (29/8). Jika sudah mendapat kejelasan soal penularan zika di Singapura, pemerintah akan mengambil langkah-langkah pencegahan munculnya kasus serupa di Indonesia.

Sejauh ini, Retno Marsudi mengatakan, masih berkoordinasi dengan Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Kementerian Kesehatan, serta Kementerian Hukum dan HAM untuk membahas kemunculan virus tersebut. “Intinya, kita ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai kasus yang muncul,” kata Retno.

Menurut pencatatan Badan Wisata Singapura, rata-rata 7.500 WNI mengunjungi Singapura per hari pada 2015. Sedangkan, Kementerian Pariwisata Indonesia mencatat sebanyak 1,5 juta penduduk Singapura mengunjungi Indonesia pada tahun yang sama, atau rata-rata 4.100 orang per hari. Pemkot Batam, Kepulauan Riau, mencatat rata-rata 55 ribu warga Singapura mengunjungi Batam setiap bulannya.

Hingga kini, pasien yang terkonfirmasi terjangkit virus zika di Singapura terus bertambah. Setelah 41 warga dinyatakan positif mengidap penyakit tersebut pada Ahad (28/8), lima lagi dinyatakan tertular pada Senin (29/8).

Virus zika ditularkan oleh jenis nyamuk Aedes yang mencari mangsa pada siang hari, seperti Aedes aegipty dan Aedes albopictus. Virus ini juga bisa menular secara seksual dari pengidap pria ke pasangannya.

Seperti dikutip dari harian republika, sejatinya virus tersebut tak mematikan secara langsung. Meski begitu, zika bisa memicu sindrom Guillain-Barre pada orang dewasa, yang melemahkan saraf, imun, serta pernapasan, dan dalam sejumlah kasus mengakibatkan kematian. Selain itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengonfirmasikan penularan zika pada ibu hamil berkorelasi dengan munculnya penyakit mikrosefalia alias mengecilnya otak pada bayi.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.