Inilah Obat Terbaik untuk Awet Muda

Inilah Obat Terbaik untuk Awet Muda

Sehatmagz – Jalan pagi atau menyusuri jalur sepeda bisa memberikan energi ekstra. Namun, bila Anda ingin mendapatkan lebih banyak manfaat dari olahraga santai, cobalah latihan tai chi.

“Tidak ada latihan yang lebih baik, menurut pendapat saya, untuk keseimbangan dan fleksibilitas, bahkan untuk menunda penuaan,” kata Joseph Feurerstein, MD, asisten profesor kedokteran klinis di Columbia University. Berikut 4 manfaat awet muda yang diberikan oleh tai chi.

1.Memperlambat penuaan

Tahun lalu, para peneliti melaporkan bahwa relawan yang terlibat dalam jumlah cukup signifikan, ketimbang kelompok yang tidak berolahraga sama sekali.

Itulah kunci awet muda, karena CD 34+ merupakan sel yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel baru dan pembaharuan sel dalam tubuh.

2.Meningkatkan kekuatan

Setelah usia 30-an, kekuatan otot mulai menurun dan penurunan massa otot akan benar-benar cepat setelah usia 65 tahun. Kurangnya otot berisiko yang lebih besar untuk mudah jatuh dan patah tulang.

Tai chi menyediakan cara yang lembut untuk melestarikan otot. Dalam penelitian yang melibatkan lebih dari 50 orang, tai chi dapat meningkatkan nilai para relawan pada tes daya tahan dan kekuatan.

3.Meredakan nyeri lutut

Menurut CDC, hampir 50% dari orang dewasa berusia 65 tahun dan lebih tua memiliki arthritis. Osteoarthritis pada lutut, adalah salah satu jenus yang paling umum.

Sementara terapi fisik dapat membantu, para peneliti telah menemukan bahwa menambahkan tai chi dalam rutinitas sehari-sehari dapat meringankan nyeri lutut.

Sebuah penelitian di Tufts University mengungkapkan bahwa orang yang melakukan tai chi dua kali seminggu mendapatkan nyeri lebih sedikit ketimbang kelompok yang melakukan terapi fisik dua kali seminggu. Plus, kelompok thai chi melaporkan suasana hati yang lebih baik.

4.Meredakan peradangan

Peradangan merupakan upaya tubuh untuk menyembuhkan cedera. Tapi ketika stres atau kurang tidur sampai ke peradangan, dapat meningkatkan risiko gangguan jantung, stroke, diabetes, penyakit autoimun, dan bahkan kanker.

Tai chi dapat menjinakkan respon itu, terutama jika Anda menjadikannya bagian dari kegiatan sehari-hari, seperti dikutip dari health.kompas.com. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Biological Psychiatry, peneliti menemukan bahwa gerakan meditasi dari tai chi dapat menghambat jalur sinyal inflamasi, mengurangi peradangan pada usia 55 tahun lebih.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.