Kemenkes Gelar Vaksinasi Ulang di Empat Lokasi

Kemenkes Gelar Vaksinasi Ulang di Empat Lokasi

Sehatmagz – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggelar vaksinasi ulang untuk korban vaksin palsu di empat lokasi, Senin (18/7/2016). Keempat lokasi tersebut, yaitu Puskesmas Kelurahan Ciracas, Rumah Sakit Umum (RSU) Kecamatan Ciracas, RS Harapan Bunda, Jakarta Timur, dan RS Sayang Bunda, Bekasi.

“Vaksinasi ulang di empat lokasi. Untuk Puskesmas dan RSU di Ciracas berkoordinasi,” ujar Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes, Maura Linda Sitanggang saat dihubungi Senin (18/7/2016).

Imunisasi wajib ini dilakukan oleh tenaga kesehatan yang independen dan didampingi dokter spesialis anak dari Ikatan Dokter Indonesia (IDAI). Untuk tahap pertama ini, imunisasi ulang akan diberikan kepada sekitar 20 anak di masing-masing lokasi.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek sebelumnya mengatakan, tim satgas mendapatkan data korban vaksin palsu yang terverifikasi dari Bareskrim Polri. Setelah dilakukan pengecekan kembali, tim satgas sudah menghubungi pihak keluarga melaui telepon.

Para orangtua yang sudah dihubungi diminta datang membawa sang anak untuk menjalani vaksinasi ulang sesuai waktu dan tempat yang diinformasikan.

Proses pendataan korban vaksin palsu di sejumlah rumah sakit ini juga masih dilakukan, seperti dikutip dari health.kompas.com. Nantinya, mereka pun akan diberi vaksinasi ulang secara gratis.

“Pelaksanaan secara bertahap. Tidak mungkin sekaligus,” kata Nila.

Untuk diketahui, dampak terburuk dari pemberian vaksin palsu adalah anak-anak menjadi tidak mendapat perlindungan terhadap suatu penyakit setelah diberi vaksin. Vaksinasi sangat penting dilakukan untuk pencegahan penyakit.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.