Pertanyaan ‘Kapan Nikah’ VS ’Sudah Hamil’, Manakah yang Lebih Mengganggu?

Pertanyaan ‘Kapan Nikah’ VS ’Sudah Hamil’, Manakah yang Lebih Mengganggu?

Sehatmagz – Bagi orang-orang berusia 20 atau 30-an, pertanyaan kapan menikah, kemudian sudah hamil atau belum, bisa menjadi begitu familiar di telinga. Ketika seseorang mendapat pertanyaan seperti itu, sebenarnya manakah yang lebih mengganggu?

Menanggapi dua pertanyaan tersebut, psikolog keluarga Anna Surti Ariani, Mpsi, sebetulnya itu adalah pertanyaan budaya, di mana masyarakat memberi perhatian dengan bertanya seperti itu. Menurut wanita yang akrab disapa Ninaini, kadang tak disadari memang pertanyaan seperti bisa membuat orang terganggu.

“Apalagi kalau memang orang itu kesulitan punya anak jadi ditanya terus sudah hamil belum atau kapan punya anak bakal mengganggu memang. Pada mereka yang sulit punya anak sebetulnya kan memang mereka udah pengen banget. Dengan adanya pertanyaan itu, sering kali dipersepsikan dia nggak mampu jadinya merendahkan,” terang Nina.

Respons masing-masing orang dikatakan Nina juga bisa berbeda. Ada yang penting sudah menikah lebih dulu, sehingga kapan punya anak menjadi urusan belakangan, seperti dikutip dari health.kompas.com. Tapi pada orang berusia 30-an, ia bisa saja lebih sensitif ketika ditanya kapan nikah karena bisa saja terkesan tidak ‘laku’.

Untuk pertanyaan kapan punya anak, Nina berpendapat mungin bisa saja bersifat legitimize karena bagaimanapun anak, dan sebenarnya jodoh, merupakan rezeki dari Tuhan. Ia mengingatkan, jangan terlalu men-judge jika seseorang bertanya berarti ia hanya ingin tahu saja alias kepo.

“Kalau dia nanya nggak ada tujuan, bakal ketahuan kok. Memang, tiap orang punya kebutuhan diperhatikan sampai ditanya-tanya. Tapi, masing-masing kan punya prefensi tertentu, jadi sebelum bertanya seperti itu, kenali dulu orang yang mau ditanya ini,” kata Nina memberi saran.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.