Rutin Minum Kopi Bantu Redakan Stres hingga Depresi

Rutin Minum Kopi Bantu Redakan Stres hingga Depresi

Sehatmagz – Selama beberapa tahun terakhir, penelitian demi penelitian telah menemukan bahwa reputasi negatif tentang kopi sudah tak berlaku lagi. Dengan catatan, kopi yang Anda nikmati ialah kopi hitam, bukan kopi dengan kandungan susu, krim, atau gula yang banyak.

Kopi hitam rendah gula tidak hanya dapat melawan diabetes dan beberapa tipe kanker, tetapi juga dapat meningkatkan memori dan mengurangi stres. Menurut sebuah studi dalam World Journal of Biological Psychiatry, kopi hitam benar-benar dapat meningkatkan harapan hidup pasien depresi.

Para peneliti Harvard menganalisis data dari 200.000 orang dengan berbagai tingkat stres dan depresi dalam tiga survei nasional yang berbeda.

Setiap empat tahun, mereka menganalisa berapa banyak kopi dan bentuk lain dari kefein yang peserta konsumsi. Mereka juga melihat sertifikat kematian peserta, menemukan bahwa 277 dari peserta telah bunuh diri.

Peneliti menemukan, orang yang minum antara dua hingga empat cangkir kopi hitam per hari hanya memiliki setengah kemungkinan untuk meninggal akibat bunuh diri.

Para penulis mencatat bahwa ini merupakan manfaat kafein, karena orang-orang yang minum kopi tanpa kafein tidak mengalami manfaat ini.

Bahkan, jika seseorang tidak berisiko untuk bunuh diri, temuan ini memang membuktikan bahwa kopi dapat mengurangi gejala depresi, dengan cara memicu pelepasan endorfin yang mirip dengan obat antidepresan, seperti dikutip dari health.kompas.com.

Hasil studi Harvard lain juga menemukan, bahwa perempuan memiliki risiko 15 persen lebih rendah untuk mengembangkan depresi ketika merekaminum setidaknya dua cangkir kopi per hari dan 20 persen lebih rendah ketika mereka minum setidaknya tiga cangkir kopi.

 

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.