Tubuh Sehat Dengan Diet Alkaline

Tubuh Sehat Dengan Diet Alkaline

Sehatmagz – Diet alkaline atau biasa juga  disebut dengan alkaline ash diet, alkaline acid diet, acid ash diet atau acid alkaline diet didasarkan pada keyakinan bahwa makanan tertentu bisa mempengaruhi keasaman cairan tubuh termasuk urine atau darah, karenanya bisa digunakan untuk mengobati atau mencegah penyakit.

Istilah diet alkaline ini telah digunakan oleh para praktisi pengobatan alternatif bahwa pola makan ini bisa mencegah kanker, penyakit jantung, serta risiko rendah untuk penyakit lainnya. Meski beberapa ahli lain juga ada yang tidak setuju dengan hal ini.

Langkah yang dilakukan dalam menerapkan diet alkaline

Sebagian besar diet ini adalah vegetarian. Selain sayuran segar dan beberapa buah-buahan segar, orang dengan diet ini juga mengonsumsi makanan produk kedelai, kacang-kacangan serta biji-bijian.

Orang yang menjalani diet alkaline dilarang mengonsumsi makanan yang bisa membuat pH tubuh asam seperti daging,ikan, unggas, produk susu,makanan olahan, gula putih, tepung putih, dan juga kafein.

Meski begitu, orang yang memiliki penyakit ginjal atau masalah medis lainnya seperti diabetes yang tidak terkontrol sebaiknya tidak mencoba diet ini tanpa ada pengawasan atau monitoring dari dokter.

Teori dari diet alkaline adalah makanan tertentu bisa membantu menjaga keseimbangan pH yang ideal untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh, seperti dikutip dari health.detik.com. Walau beberapa makanan yang dikonsumsi tidak menentukan kadar pH darah.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.