Apa Saja Keunggulan BPJS Kesehatan Dibandingkan Asuransi Swasta?

Apa Saja Keunggulan BPJS Kesehatan Dibandingkan Asuransi Swasta?

Masih banyak dari masyarakat Indonesia terutama dari kalangan  menengah ke atas yang meragukan kualitas dari program BPJS Kesehatan yang dicanangkan pemerintah. Hal ini terutama disebabkan murahnya premi yang harus dibayarkan dibandingkan dengan asuransi swasta. Padahal jika dinilai dari beberapa sisi,  sebagaimana dilansir dari duwitmu.com BPJS Kesehatan memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan asuransi kesehatan swasta.  Berikut ini diantaranya:

  1. Iuran Murah

Seperti yang banyak Anda ketahui iuran BPJS sangatlah murah dan menguntungkan dari sisi finansial Anda, dibandingkan dengan biaya asuransi kesehatan swasta yang kelipatannya bisa mencapai tiga kali lipat dibandingkan dengan iuran BPJS termahal pun. Iurab BPJS yang saat ini berlaku adalah:

Kelas I : Rp. 59.500

Kelas II: Rp. 42.500

Kelas III: Rp. 25.500

(Baca juga: Cara Mudah Mengecek Iuran BPJS)

  1. Besar iuran tidak dipengaruhi oleh umur dan jenis kelamin

Berbeda dengan asuransi kesehatan swasta, BPJS tidak membedakan besaran iuran berdasarkan umur, jenis kelamin dan status merokok. Sementara itu, untuk suransi kesehatan swasta terdapat perbedaan iuran premi terhadap umur, dimana semakin tua iurannya semakin besar dan beberapa asuransi swasta memberlakukan perbedaan pembayaran  iuran untuk jenis kelamin laki-laki dan perempuan.

  1. Pre-existing condition tidak berpengaruh

Asuransi kesehatan swasta tidak menanggung penyakit bawaan yang diderita si peserta ini yang disebut pre-existing conditon.

Berbeda dengan BPJS yang tidak mengenal kondisi tersebut. Semua penyakit ditanggung bahkan termasuk penyakit yang sudah ada pada peserta sebelum bergabung dan BPJS tidak adanya syarat medical check up dalam pendaftaran BPJS.

  1. Tanpa medical check-up

Proses pendaftaran sebagai peseta BPJS yang tidak memerlukan data kesehatan cukup dengan pengisian data pribadi Anda dan pembayaran iuran pertama ke virtual account, Anda sudah resmi menjadi peserta BPJS. Praktis dan mudah bukan?

  1. Manfaat kesehatan yang dijamin

BPJS juga memiliki layanan fasilitas yang tidak kalah jika dibandingkan dengan asuransi kesehatan swasta dan lebih lengkap, meliputi:

  • Rawat inap
  • Rawat jalan
  • Kehamilan dan melahirkan. Persalinan dan operasi caesar yang juga ditanggung BPJS
  • Optik/kacamata

Tidak banyak asuransi kesehatan yang memiliki fasilitan selengkap itu, jika adapun peserta harus menambah iuran tambahan seperti rawat jalan.

  1. Tidak ada batasan plafond

BPJS merujuk pada buku panduan jadi tidak ada plafond atau batasan biaya penggantian. Selama Anda mengikuti prosedur dan menggunakan kelas kamar yang ditentukan, semua biaya pengobatan ditanggung oleh BPJS. Berbeda dengan asuransi kesehatan yang memiliki plafond atau limit manfaat. Jika peserta melebihi kapasitas biaya maksimun yang ditetapkan oleh asuransi kesehatan swasta, biaya tambahan tersebut akan dibebani ke peserta.

  1. Full Cashless

Selama Anda sebagai peserta ikut kelas kamar sesuai dan patuh pada prosedur yang ada, Anda tidak perlu mengeluarkan uand sepeser pun.

  1. Tidak ada masa tunggu penyakit

Di BPJS Kesehatan, hanya dikenal waktu masa tunggu kartu aktif yaitu 14 hari setelah pendaftaran. Semenjak kartu aktif, peserta bisa menggunakan dan mulai merasakan manfaat BPJS. Bandingkan dengan asuransi swasta yang menyaratkan masa tunggu penyakit.

Beberapa penyakit tidak dapat diklaim selama jangka waktu tertentu sejak tanggal masa berlaku asuransi. Misalnya, asuransi Cigna yang  menetapkan penyakit berikut baru bisa diklaim 12 bulan kemudian, yaitu asthma; TBC (Tuberculosis); batu ginjal, saluran kemih dan kandung kemih; darah tinggi (hipertensi), jantung dan pembuluh darah; Kencing manis (Diabetes Mellitus); Vertigo; dan lain – lain.

Bagaimana? Ternyata cukup banyak ya keunggulan BPJS Kesehatan? Asuransi swasta mungkin memang menjamin kenyamanan anda saat memperoleh layanan kesehatan, namun BPJS Kesehatan menyediakan payung yang lebih luas dan pasti. Saat ini juga telah disusun skema double claim bagi anda yang memiliki kedua macam asuransi ini. Jadi jika anda saat ini sudah memiliki asuransi kesehatan swasta, tidak ada salahnya tetap mendaftar BPJS.

Baca juga: Cara Mudah Mendaftar BPJS


Categories: BPJS

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.