Cara Mudah Mendaftar BPJS

Cara Mudah Mendaftar BPJS

BPJS adalah program asuransi kesehatan universal yang diharapkan dapat diimplementasolam  untuk seluruh masyarakat Indonesia. Akan tetapi masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki BPJS karena alasan “ribet” , “merepotkan” dan “tidak ada waktu”.  Banyaknya surat-surat yang harus dipersiapkan, tempat pendaftaran yang terkadang jauh dari lokasi tempat tinggal, dan antre yang cukup panjang seringkali menjadi hambatan bagi seseorang untuk mendaftar BPJS.

Padahal, ada alternatif lain yang lebih mudah untuk bisa mendaftar BPJS tidak perlu capek mengantre, pergi ke luar rumah, atau memakan waktu yang banyak. Cukup luangkan waktu Anda selama 15 menit didepan komputer, laptop, atau gadget Anda yang lain dan tentunya koneksi internet untuk dapat mendaftar BPJS secara online.

Caranya cukup mudah,

  1. Anda hanya perlu membukan situs resmi untuk pendaftaran BPJS ke bpjs-kesehatan.go.id ,
  2. Lalu arahkan kursor Anda ke pojok kiri laman dan klik pada tulisan “pendaftaran online”
  3. Laman lainnya akan terbuka pada tab baru yang berisi aturan dan persyaratan untuk mendaftar BPJS, sebelumnya, Anda harus membacanya secara baik dan teliti terlebih dahulu agar selanjutnya tidak terjadi kekeliruan saat mengisi form pendaftaran onlinenya. Akan sangat membuang waktu Anda jika Anda harus mengulanginya lagi jika memang terjadi kesalahan.
  4. Jika sudah selesai membaca aturan dan persyaratan untuk mendaftar BPJS, arahkan kursor Anda ke akhir tulisan, berikan tanda checklist (P ) pada tulisan “Saya menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan layanan pendaftaran BPJS Kesehatan” untuk konfirmasi bahwa Anda setuju untuk mendaftar BPJS sesuai dengan aturan dan syarat yang berlaku.
  5. Setelah itu, klik “pendaftaran” di pojok kanan pada akhir tulisan.
  6. Lalu isi data sesuai dengan permitaan pada laman, dan Anda tinggal klik “proses selanjutnya” pada akhir kotak dialog pengisian data untuk pengisian data berikutnya sampai selesai.

Untuk pengisian data, Anda cukup melakukannya dengan lansung mengetik nomor surat-surat yang diminta, seperti nomor KK, KTP dan NPWP. Tidak perlu scan.

Setelah pengisian data selesai, Anda akan mendapatkan nomor virtual unik (nomor unik untuk pembayaran iuran), cetak formulir pendaftaran beserta nomor virtual ini untuk syarat pembayaran iuran di bank-bank yang bisa untuk lansung membayar BPJS (Mandiri, BNI, BRI).

Tapi jangan terburu-buru dalam mengisi data Anda. Hati-hati dan telitilah dalam mengisi data, selalu baca kembali data yang telah Anda isi sebelum meng-klik kotak “proses selanjutnya”  dengan mencocokkannya kembali agar tidak ada yang data yang diisi secara keliru.

Setelah itu ambil kartu BPJS Anda di kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan syarat:

* Bukti bayar iuran
* Kartu Tanda Penduduk
* Fotokopi Surat Nikah
* Pas Foto berwarna 3 x 4 cm ( 2 lembar )
* Formulir Pendaftaran

Bagaimana? Mudah kan?

Silahkan mencoba.


Categories: BPJS

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.