“Persiapan Mental” Beralih Menggunakan BPJS Kesehatan

“Persiapan Mental” Beralih Menggunakan BPJS Kesehatan

Anda yang tadinya merupakan peserta dari suatu perusahaan asuransi kesehatan swasta dan ingin beralih menggunakan program BPJS haruslah siap menghadapi segala ketidaknyamanan yang akan Anda hadapi dalam mendapatkannya. Berbeda dari asuransi kesehatan swasta yang akan melayani Anda dengan lebih baik dan memuaskan, BPJS adalah program dari pemerintah yang artinya Anda harus sedikit lebih berusaha dalam memanfaatkannya dibandingkan dengan asuransi kesehatan swasta.

Lantas persiapan mental apa sajakah yang harus Anda ketahui sebelum Anda berali menggunakan BPJS? Berikut beberapa diantaranya:

  1. Antrean Panjang

Memang mengantre bukanlah hal yang nyaman untuk dilakukan. Seperti yang Anda ketahui untuk menjadi peserta BPJS Anda harus melakukan semuanya sendiri. Mulai dari mendaftar secara online ataupun lansung ke kantor BPJS sampai mendapatkan kartu BPJS. Berbeda dengan asuransi swasta yang memiliki agen asuransi yang dapat menyiapkan segalanya untuk Anda tanpa Anda harus repot-repot keluar rumah dan mengantre.

  1. Peraturan yang cukup banyak dan mengikat

Sebagai program dari pemerintah, pemerintah tidak ada tanggung jawab dalam mempertahankan Anda. Jadi kerugian tidak akan dirasakan jika BPJS kehilangan satu peserta karena pemerintah juga tidak akan mendapatkan keuntungan dari penambahan peserta sekalipun. Oleh karena itu jika Anda ingin menjadi peserta BPJS kenyamanan yang Anda peroleh sebagai peserta asuransi kesehatan swasta tidak semuanya Anda dapatkan di BPJS jadi Anda tidak ada pilihan selain menuruti aturan yang ada dan prosedur yang memang harus jalani dalam memanfaatkan layanan dan fasilitas dari BPJS. Seperti diwajibkan untuk pengobatan ke tingkat pertama terlebih dahulu untuk mendapatkan rujukan baru bisa berobat kerumah sakit yang dirujuk.

  1. Keterbatasan dalam memilih rumah sakit

Jika Anda ingin biaya pengobatan rumah sakit ditanggung oleh BPJS, Anda harus ke rumah sakit yang memang bekerja sama dengan BPJS dan itu artinya pemilihan rumah sakit memang terbatas dari harus berasal dari surat rujukan yang Anda peroleh dari prosedur penanganan kesehatan tingkat pertama (klinik dan puskesmas).

  1. Perlindungan kesehatan hanya di Indonesia

Berbeda dengan asuransi kesehatan swasta yang bisa memberikan Anda fasilitas untuk berobat di rumah sakit di luar negeri. BPJS hanya bisa digunakan di dalam negeri dan dengan rumah sakit yang bekerja sama.

Harga memang bisa membuat perbedaan walaupun hanya sedikit. Akan tetapi bukan berarti kualitas pelayanan dan fasilitas dari BPJS tidak bisa dibandingkan dengan perusahaan asuransi kesehatan swasta. Keputusan ada di tangan Anda pilih lah perlindungan kesehatan yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Categories: BPJS

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.