FAST: Kenali Cara Deteksi Serangan Stroke dengan Cepat!

FAST:  Kenali Cara Deteksi Serangan Stroke dengan Cepat!

Stroke merupakan salah satu penyakit penyebab kematian yang utama.  Hal ini terjadi jika pembuluh darah di otak tiba-tiba tersumbat atau justru pecah.

Serangan stroke memiliki golden periode, yaitu waktu dimana jika seorang penderita stroke segera ditangani  makan kecacatan maupun kematian dapat lebih mungkin dihindari. Golden periode pada serangan stroke adalah dalam 3 jam pertama.

Hal ini tentu meminta orang disekitar pasien atau keluarga pasien dapat cepat dan tanggap  dalam mendeteksi serangan stroke.

Berikut ini adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengenali gejala stroke dengan cepat:

FAST: facial weakness, arm weakness, speech difficulties, time is brain. (womenvoiceofchanges)

FAST: facial weakness, arm weakness, speech difficulties, time is brain. (womenvoiceofchanges)

F (face): Lihatlah wajah penderita, waspadalah jika ditemukan wajah perot. Perhatikan ujung bibir dan pipi penderita, apakah salah satu sisi lebih turun dibandingkan sisi lainnya?

Perhatikan apakah salah satu sisi wajah nampak lebih turun. (facialparalysisinstitute.com)

Perhatikan apakah salah satu sisi wajah nampak lebih turun. (facialparalysisinstitute.com)

A (arm):  Mintalah penderita untuk mengangkat tangannya. Jika terjadi stroke, salah satu tangan akan terasa lemah dan penderita tidak bisa mengangkatnya. Anda bisa mencoba metode lain, salah satunya dengan meminta penderita menggenggam tangan anda, perhatikan apakah salah satu tangan tidak bisa menggenggam atau genggamannya terasa lebih lemah daripada tangan lainnya.

Saat diminta mengangkat tangan, salah satu tangan cenderung untuk jatuh. (acls.net)

Saat diminta mengangkat kedua tangan, salah satu tangan cenderung untuk jatuh. (acls.net)

S (speech): dengarkanlah pembicaraan penderita, atau mintalah penderita untuk mengulang sebuah kalimat sederhana. Perhatikan apakah penderita menjadi cadel atau pelo. Selain itu, perhatikan lidah penderita. Terkadang lidah akan tampak menjulur ke salah satu sisi (kanan/kiri).

Lidah pada orang stroke dapat menjulur ke salah satu sisi karena kelumpuhan saraf hipoglosus.

Lidah pada orang stroke dapat menjulur ke salah satu sisi karena kelumpuhan saraf hipoglosus (lookfordiagnosis.com)

T (ime):  Jika menemui gejala-gejala tersebut, jangan ragu untuk segera mencari bantuan. Baik dengan menelpon ambulan, atau segera mengantarkan sendiri penderita ke UGD RS terdekat.

Gejala serangan stroke lainnya antara lain adalah:  tidak sadar, nyeri kepala hebat, vertigo, mual muntah,  rasa kesemutan atau baal, kaki atau tangan yang terasa lemas pada satu sisi dan sulit digerakkan. Jika ditemukan gejala ini, terlebih dengan riwayat sakit darah tinggi, jantung, atau kolesterol tinggi jangan ragu untuk segera membawa penderita ke fasilitas kesehatan terdekat.


Comments

comments