Menggambar VS Menulis, Manakah yang Lebih Berpengaruh Besar pada Otak?

Menggambar VS Menulis, Manakah yang Lebih Berpengaruh Besar pada Otak?

Sehatmagz – Otak manusia memiliki kekuatan yang mengagumkan, sekaligus kompleks. Bahkan ada yang mengatakan bahwa kemampuan otak manusia lebih besar dari komputer.

Meski demikian, setiap hal memiliki kelemahan, dan pada otak hal itu adalah kapasitasnya menyimpan memori.

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan memori otak, menurut salah satu penelitian, adalah dengan menggambar.

Para peneliti sudah membandingkan beberapa strategi untuk meningkatkan memori, dan menggambar selalu berada di urutan teratas.

“Manfaatnya terasa karena menggambar membuat kita menciptakan memori secara lebih terpadu sehingga menghasilkan visual, motor, dan informasi semantik,” kata ketua peneliti Jeffrey Wammes.

Misalnya saja ketika kita ingin menggambar apel, maka kita harus mengingat bentuk, bahkan juga rasa apel tersebut.

Penelitian sebelumnya menyebutkan, mengucapkan kata-kata dalam suara keras juga bisa meningkatkan daya ingat. Walau begitu, strategi tersebut tidak bisa dipakai dalam lingkungan belajar.

Dalam beberapa uji coba diketahui bahwa menggambar suatu objek lebih bermanfaat dibandingkan menulis atau mengucapkan kata-kata tertentu, dalam hal meningkatkan memori.

Walau begitu, dalam penelitian tersebut terungkap bahwa menggambar dianggap efektif untuk kata-kata tunggal dan sederhana, seperti dikutip dari health.kompas.com. Belum diketahui apakah strategi ini bisa dipakai ada beberapa jenis informasi sekaligus.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.