Inspirasi Sehat Ramadhan Bersama dr. Gaga: Sahur dan Berbuka Sesuai Sunnah Nabi

Inspirasi Sehat Ramadhan Bersama dr. Gaga: Sahur dan Berbuka Sesuai Sunnah Nabi

Pada kesempatan kali ini sehatmagz berkesempatan untuk mewawancarai seorang praktisi gizi medis sekaligus dosen FK UNPAD, Dr. dr. Gaga Irawan Nugraha, Sp.GK, MGizi. Beliau akan berbagi informasi bagaimana pola makan berbuka dan sahur yang sehat menurut pandangan medis dan sesuai dengan sunah Rasulullah SAW.

 

Dalam videonya, dr. Gaga menyampaikan bahwa selama berpuasa kita akan mengalami fenomena yang disebut sebagai defisit energi. Hal ini berarti jumlah energi yang masuk lebih sedikit dari yang dibutuhkan tubuh. Defisit energi seperti yang dikatakan diatas, memang tidak bisa dipungkiri. Meskipun begitu, kita tidak boleh mengalami defisit protein, vitamin, mineral dan air. Hal tersebut bisa kita jaga dengan pola makan yang baik. dr Gaga, menganjurkan pola makan sehat selama bulan Ramadhan seperti:

  1. Awali berbuka dengan mengkonsumsi buah-buahan dengan yang berair banyak dan manis
  2. Jangan langsung makan berat. Makanlah setelah sholat maghrib.
  3. Makan besar setelah magrib dengan makanan yang mengandung 4 sehat, yaitu makanan yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sayuran.
  4. Bagi orang yang memiliki  yang memiliki berat badan berlebih, kolesterol tinggi atau kelaianan metabolik lainnya sangat dianjurkan untuk tidak menambah konsumsi apapun setelahnya.
  5. Namun bagi anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan, orang yang kurus dan gizi yang baik, sebaiknya mengkonsumsi makanan lain setelah shalat tarawih.

Selain saat berbuka, sahur juga sangat perlu untuk diperhatikan.  Rasulullah menyatakan bahwa di dalam sahur ada berkah, oleh karenanya usahakanlah untuk tidak melawati sahur.  dr. Gaga menyebutkan bahwa makan sahur adalah waktunya untuk melengkapi kebutuhan energi atau zat gizi lain, yang belum terpenuhi saat buka puasa. Berikut tips sehat untuk makan sahur:

  1. Minum sedikit air sebelum makan
  2. Makan berat yang mengandung 4 sehat, yaitu makanan yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sayuran.
  3. Konsumsi buah-buahan manis yang memiliki banyak air
  4. Lengkapi dengan satu gelas susu untuk suplementasi kalsium.

Saat puasa, konsumsi air pun tidak boleh berkurang. dr Gaga menganjurkan untuk minum 5 gelas air diatara waktu berbuka hingga menjelang tidur malam dan 3 gelas air saat sahur. Dengan begitu, kebutuhan air dalam tubuh akan cukup selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.


Categories: Recognize rosiaris

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.