Kenali Gejala Serangan Jantung Pada Wanita

Kenali Gejala Serangan Jantung Pada Wanita

Jika menonton film, kita sering melihat adegan serangan jantung dimana seorang pria yang napasnya tertahan seperti tercekat, memegang dadanya, dan lalu jatuh tidak sadar. Padahal kenyataannya, jika serangan jantung itu terjadi pada wanita, bisa jadi kejadiannya tidak sedramatis yang sering kita lihat di film.

Walaupun pria dan wanita bisa mengalami serangan jantung berupa perasaan tertekan pada dada seperti ditindih benda berat, seorang wanita bisa mengalami serangan jantung tanpa mengalami gejala khas tersebut. Seperti dijelaskan oleh Nieca Goldberg MD, dokter jantung relawan di  American Heart Association. Seorang  wanita mungkin merasakan sesak napas, tekanan pada bagian bawah dada dekat perut atau bagian ulu ati, pusing, rasa melayang atau pingsan, tekanan pada bagian punggung belakang atau rasa lelah yang berat.  Walaupun gejalanya bisa samar, akibat yang ditimbulkan bisa sangat berbahaya, terutama jika korban tidak segera mendapatkan pertolongan.

Tanda Serangan Jantung Pada Wanita

  1. Rasa tertekan, diremas, atau nyeri yang hebat pada bagian tengah dada yang berlangsung  terus menerus selama beberapa menit, atau berupa nyeri  yang sempat hilang namun kembali lagi.
  2. Nyeri atau rasa pegal yang juga dirasakan pada kedua tangan, punggung, leher, rahang atau ulu hati.
  3. Sesak napas bersama dengan ada atau tidaknya rasa tidak nyaman pada dada
  4. Gejala lain seperti keluar keringat dingin, mual, atau kepala terasa melayang
  5. Sama seperti pria, gejala serangan jantung yang paling sering terjadi pada wanita adalah nyeri dada atau rasa tidak enak pada dada. Namun, dibanding para pria, para wanita lebih sering mengalami beberapa gejala lain serangan jantung, seperti sesak napas, mual, muntah atau nyeri pada dada maupun leher dan rahang.

Dikira hanya sakit lambung

Walaupun penyakit jantung adalah pembunuh No. 1, para wanita sering kali  mengira tanda yang dirasakan disebabkan oleh sebab lain. Rasa tidak nyaman di sekitar dada dan ulu hati bisa di salah artikan sebagi sakit lambung, flu, atau karena faktor penuaan biasa.

Serangan jantung bisa menyerang seseorang setiap 34 detik. Hal ini terjadi ketika aliran darah yang membawa oksigen terhambat alirannya, atau bahkan terhenti seluruhnya akibat adanya sumbatan pada pembuluh darah jantung. Baik karena  lemak, kolesterol, dan substansi lain.

Banyak wanita yang mengira bahwa gejala serangan jantung  tidak akan salah dikenali, karena khas. Padahal terkadang serangan jantung bisa samar dan terkadang membingungkan.

Bisa jadi anda merasakan sesak napas seperti habis berlari, padahal anda belum bergerak. Beberapa wanita lain merasakan serangan jantung sebagai tekanan pada bagian punggung atas yang terasa seperti diremas dan diikat oleh tali. Rasa pusing, terasa melayang dan pingsan adalah gejala lain yang perlu diperhatikan keberadaannya.

Jika ditemukan hal ini, sebaiknya segera memanggil bantuan darurat.

Jagalah Diri Anda

Penyakit jantung merupakan masalah kesehatan yang bisa dicegah. Berikut ini adalah tips  untuk menjauhkan anda dari sakit jantung:

  • Jadwalkan pertemuan dengan dokter anda untuk mempelajari faktor risiko jantung yang anda miliki
  • Berhenti merokok. Tahukah anda, sejak satu tahun berhenti merokok, anda bisa memotong risiko sakit jantung koroner sebanyak 50%?
  • Mulai berolahraga. Cukup dengan berjalan selama 30 menit sehari saja sudah bisa menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. (Baca juga: sudah cukupkah aktivitas fisik yang saya lakukan?)
  • Ubah kebiasaan makan keluarga anda dengan makanan yang ramah untuk kesehatan jantung anda. Misalnya saja jika makan ayam, tidak dimakan dengan kulitnya serta pilihlah bagian yang tidak terlalu berlemak seperti bagian dada daripada paha.

Sumber: American Heart Association


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.