Anak Bisa Terkena Penyakit Genetik Gara-gara Ortunya Merokok

Anak Bisa Terkena Penyakit Genetik Gara-gara Ortunya Merokok

Sehatmagz – Jika anda seorang perokok dan berencana memiliki anak, sebaiknya anda hentikan dulu kebiasaan merokok tersebut. Sebab merokok dapat menyebabkan mutasi genetik yang berimbas pada penyakit genetik anak.

“Sperma memang diproduksi tiap hari. Kalau pada saat itu merokok lalu spermanya terkena efek mutasi dari rokok, ketemu ovum dan terjadi pembuahan. Ini bisa jadi anaknya kena penyakit genetik,” terang dr Widya Eka Nugraha, konselor genetik dari RS Dramaga Bogor.

Hal itu disampaikannya dalam diskusi ‘Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak’ yang digelar komunitas Tambah ASI Tambah Cinta di RS Meilia, Cibubur, Sabtu (19/12/2015).

Menurut dr Eka, potensi mutasi genetik dari seseorang yang merokok, bisa diturunkan sampai tiga generasi. Jadi, misalnya anak dari perokok tidak mengalami penyakit genetik, namun cucunya bisa saja mengalaminya.

Selain rokok, polusi udara utamanya yang mengandung timbal juga berpotensi menyebabkan mutasi genetik.karena itu disarankan untuk melindungi diri sebaik munngkin agar tidak terpapar polusi udara.

Pada perempuan, sambung dr Eka, paparan rokok dan polusi juga sama pengaruhnya. Apalagi jika kehamilan pada usia di atas 35 tahun, kemungkinan melahirkan anak dengan kelainan genetika lebih mungkin terjadi, seperti dikutip dari health.detik.com.

“Cara mencegahnya adalah dengan memilih ovum yang terbaik lalu dibuahi dan ditanam lagi,” tambah dr Eka.


Comments

comments

Comments

  1. Katon
    Katon 17 April, 2016, 19:37

    Saya paling tidak menyukai jika ada orang tua yang merokok di dekat buah hatinya. Tidak hanya merusak kesehatan buah hati tapi juga memberikan contoh buruk padanya.

    Reply this comment

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.