Biang keringat? Ugh, gatal!

Pernah mengalami biang keringat? Pasti rasanya tidak nyaman karena gerah dan gatal saat tidur maupun beraktivitas. Mengganggu sekali! Biang keringat atau keringat buntet dalam bahasa medis disebut juga miliaria. Miliaria adalah kelainan kulit akibat terganggunya aliran keringat sehingga keringat menjadi tertahan, ditandai dengan adanya plenting plenting berukuran kecil (1-2 mm)

Terdapat tiga bentuk miliaria, yakni miliaria kristalina, miliaria rubra, dan miliaria profunda.

Miliaria kristalina biasanya dialami bayi usia kurang dari dua minggu atau orang dewasa yang tinggal di daerah panas. Bagian tubuh bayi yang cenderung mengalami biang keringat aadalah di kepala, leher, dan bagian atas sumbu tubuh (punggung atau dada bagian atas), sedangkan lesi di dewasa terjadi pada daerah sumbu tubuh (dada atau punggung). Pada miliaria kristalina tampak plenting jernih berukuran sekitar 1-2 mm, tanpa kemerahan disekitarnya. Umumnya dapat sembuh sendiri dengan cara menghindari panas berlebihan, mengenakan pakaian tipis dan menyerap keringat, serta memberikan cukup ventilasi atau sirkulasi udara pada bagian tubuh yang terkena.

Miliaria rubra umumnya mengenai bayi usia satu sampai tiga minggu atau orang dewasa yang tinggal di daerah panas dan lembab, namun dapat pula terjadi pada orang yang tidak terbiasa tinggal di daerah tropik. Pada bayi, daerah yang terkena adalah daerah leher, skrotum, dan ketiak. Sedangkan, pada dewasa di daerah kulit yang tertutup pakaian dimana sering terjadi gesekan pakaian seperti leher, punggung, dada, tangan bagian dalam, belakang paha, dan betis. Miliaria rubra lebih berat dibanding miliaria kristalina, lesinya sangat gatal dan pedih berupa bentol kemerahan, atau plenting dengan kemerahan disekitarnya. Umumnya membaik jika menghindari lingkungan yang panas atau lembab, mengenakan pakaian yang tipis, longgar, dan dapat menyerap keringat. Dapat pula diberikan bedak yang mengandung salisil dan mentol  untuk memberikan rasa nyaman dan mengurangi gatal, namun sebaiknya tetap berkonsultasi dengan tenaga medis terlebih dahulu.

miliariarubra n kristalina

Gambar 1. A. Miliaria Rubra, B. Miliaria Kristalina

(courtesy: mayoclinic.org)

Miliaria profunda jarang terjadi, kecuali di daerah tropis. Kondisi ini muncul pada individu yang pernah mengalami miliaria rubra berulang. Miliaria profunda merupakan bentuk miliaria yang paling berat dimana terdapat bentol berwarna putih, keras, berukuran 1-3 mm di daerah badan dan anggota gerak, tanpa rasa gatal dan tanpa kemerahan. Terapi yang dapat diberikan untuk miliaria profunda adalah menghindari panas dan kelembaban berlebih, mengenakan pakaian tipis dan cukup ventilasi, serta dapat pula diberikan lotion calamine.

miliaria profunda

Gambar 2. Miliaria Profunda

(courtesy: pennmedicine.org)

Demikian penjelasan mengenai macam-macam biang keringat. Yuk,  kita hindari biang keringat! Kenakan pakaian yang tidak ketat dan menyerap keringat agar sirkulasi udara lancar, tidak gerah, beraktivitas atau tidur pun jadi nyaman.  Bye bye miliaria!


Comments

comments