Bisakah Alergi Di Sembuhkan?

Bisakah Alergi Di Sembuhkan?

Alergi bukan merupakan penyakit yang mematikan namun dapat menggangu aktivitas dan kualitas hidup seseorang. Alergi sendiri adalah reaksi hipersensitifitas terhadap suatu antigen seperti alergi debu rumah tangga, tungau, bulu binatang, serbuk sari, makanan dan obat-obatan. Bahan-bahan penyebab alergi disebut alergen, sementara seseorang yang memiliki kecendrungan alergi disebut atopi.

Jenis alergi yang akan muncul biasanya berkaitan dengan kulit dan pernafasan. Ditandai dengan rasa gatal, kemerahan dan bentol. Dapat juga muncul sebagai sesak nafas, bersin-bersin, pilek dan mata merah serta berair.

Alergi pada seseorang dapat disebabkan karena faktor genetik, artinya jika kedua orang tua memiliki riwayat alergi maka resiko seorang anak menderita alergi juga semakin tinggi. Namun, jika kedua orang tua tidak menderita alergi bukan berarti anaknya tidak bisa alergi, tetap ada kemungkinan sang anak menderita alergi karena faktor lingkungan.

Penyakit alergi tidak dapat disembuhkan selama faktor pencetus alergi itu sendiri masih ada. Namun kita dapat mencegah terjadinya alergi dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Menjaga kebersihan lingkungan. Pastikan rumah dalam keadaan bersih dan tidak berdebu.
  • Menghindari memelihara binatang berbulu dan meletakkannya didalam rumah. Jika anda ingin memeliharanya binatang dapat ditempatkan dikandang hewan dan bersihkan minimal 2 – 3 kali dalam seminggu.
  • Hindari penggunaan obat anti nyamuk, pewangi ruangan dan parfum secara berlebihan, karena dapat mencetuskan alergi seperti bersin-bersin dan sesak napas.
  • Gunakanlah bantal dan kasur dari busa, dakron atau latex. Hindari penggunaan kapuk atau bulu.
  • Gunakanlah sprei dari bahan yang nyaman seperti katun dan gantilah tiap satu minggu sekali.
  • Gunakalah pakaian yang nyaman dan hindari bahan berbulu atau wol.
  • Jika anda mengetahui bahwa diri anda adalah penderita alergi, cobalah untuk menghindari makanan atau obat-obatan yang dapat mencetuskan alergi.

Disusun oleh: dr. Vita U.


Categories: Alergi, Kesehatan Anak

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.