Gejala Pilek pada Anak Sulit Sembuh, Ini Penyebabnya

Gejala Pilek pada Anak Sulit Sembuh, Ini Penyebabnya

Sehatmagz – Banyak para ibu yang mengeluhkan tentang sering dan sulit sembuhnya balita mereka ketika terserang flu.

Menanggapi hal tersebut, Dr. Rifan Fauzie, SpA, dokter spesialis anak di Kelompok Kerja Respirologi Anak, Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta, memberikan sebuah penjelasan.

Menurutnya, flu like illness (FLI) atau salesma ata common cold adalah gejala infeksi saluran napas akut (ISPA) bagian atas. Penyebabnya adalah virus. Gejalanya berupa batuk dan/ atau pilek, dapat disertai demam, anak rewel, minum/ makannya berkurang dan sebagainya.

Ia melanjutkan, biasanya gejalanya bervariasi dari yang ringan sampai cukup berat dan berlangsung antara 5-7 hari, biasanya penyakit ini sembuh dengan sendirinya (self-limitting disease).

Pilek yang berkepanjangan dapat disebabkan karena gejala infeksi virus berulang, misalkan ada di anggota keluarga yang bergantian menderita ISPA, atau pada anak dengan bakat alergi dan ia terus terpapar oleh zat-zat yang dapat mencetuskan gejala alerginya muncul seperti terpapar oleh asap rokok, debu, bulu-bulu hewan peliharaan dan sebagainya, seperti dikutip dari health.kompas.com.

Pengobatan yang efektif tergantung dari penyebabnya, namun pastikan ia tetap mendapat asupan yang cukup, nutrisi, cairan, dan bila perlu diberikan obat tetes hidung berupa cairan garam mormal (Natrium klorida 0,9%).

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.