Inilah Dampaknya Bila Anak Sering Dipukul Sejak Kecil

Inilah Dampaknya Bila Anak Sering Dipukul Sejak Kecil

Sehatmagz – Dalam menghukum dan memberikan efek jera pada anak, seringkali orangtua memilih cara dengan memukul. Padahal dalam jangka panjang, hal ini dapat memberikan efek negatif bagi perkembangan mental anak.

Studi yang dilakukan oleh Elizabeth Gershoff dari The University of Texas menemukan bahwa semakin sering anak-anak dipukul sejak kecil, semakin besar kemungkinan mereka akan menentang orangtua dan menunjukkan perilaku anti-sosial saat dewasa.

Menurut Gershoff dan timnya, memukul anak berisiko meningkatkan agresi serta menimbulkan masalah pada perkembangan kesehatan mental dan kognitif anak.

“Kami menemukan bahwa memukul justru dapat membuat anak sulit untuk disiplin saat dewasa. Mereka cenderung akan membangkang pada orangtuanya, atau pada orang dewasa lainnya,” imbuh Gershoff.

Pendapat serupa disampaikan pula oleh psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi, M.Psi. Ia membenarkan bahwa kekerasan fisik seperti dipukul atau dicubit sambil dimarahi bisa berdampak pada psikologis anak. Meskipun, dikatakan Ratih ada juga kekerasan yang lebih bersifat psikologis misalnya tidak memenuhi hak makan anak dan tidak memberi uang jajan tanpa alasan yang jelas.

“Terbiasa dimarahi dan dibentak, apalagi anak pada dasarnya tidak merasa mendapat kekerasan karena hal itu dilakukan orang terdekat seperti orangtua atau saudara, terbentuklah pemikiran bahwa membentak, memukul dan tindak kekerasan lain adalah bentuk kasih sayang,” terang Ratih

Akibatnya, anak akan meniru hal tersebut dalam kesehariannya. Dia jadi murah marah, sulit mengendalikan emosi dan suka teriak-teriak. Sering mendapat tindak kekerasan baik verbal atau non verbal juga bisa berdampak buruk pada psikis anak, seperti dikutip dari health.detik.com. “Anak bisa jadi selalu cemas, merasa tidak aman, tidak nyaman, tidak percaya diri dan tidak bisa memposisikan dirinya dengan tepat,” lanjut Ratih.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.