Konsumsi Makanan Ini Untuk Mencegah Kekurangan Zat Besi Pada Anak

Konsumsi Makanan Ini Untuk Mencegah Kekurangan Zat Besi Pada Anak

Zat besi memiliki peranan yang penting dalam tubuh terutama bagi anak, zat besi merupakan salah satu komponen untuk membentuk sel darah merah. Zat besi dapat diperoleh dengan asupan makanan yang sehat dan baik. Apabila terjadi kekurangan zat besi maka dapat menyebabkan kekurangan darah yang akan berpengaruh pada pertumbuhan anak.

Kekurangan darah atau anemia merupakan keadaan kekurangan hemoglobin (Hb), Hb ini penting karena memiliki peran mengangkut oksigen keseluruh tubuh dan metabolisme tubuh. Jika anak kekurangan darah maka oksigen yang disalurkan juga terhambat sehingga dapat menghambat pertumbuhan dan kognitif anak. Akibatnya anak akan mudah lelah dan tidak bersemangat.

Kekurangan darah dapat terjadi karena berbagai hal, misalnya kurangnya asupan makanan yang bergizi atau terinfeksi cacing. Untuk itu sebagai orang tua pengetahuan dalam menyiapkan makanan dan menjaga kebersihan sangat penting untuk dilakukan.

Berikut ini merupakan makanan yang banyak mengandung sumber zat besi:

  • Telur
  • Ikan
  • Daging
  • Bayam
  • Cereal
  • Kismis dan Plum
  • Kacang-kacangan

 

Jika anak kekurangan darah atau anemia, orang tua dapat memperhatikan aktivitas sehari-hari anak. Anak akan tampak lesu dan tidak bersemangat atau didapati konsentrasi menurun ketika belajar dan anak menjadi mudah mengantuk. Kondisi lain yang dapat dilakukan untuk mengetahui anak kekurangan darah adalah bagian konjungtiva anak terlihat pucat atau dengan melakukan pemeriksaan laboratorium darah.

Untuk mencegah kekurangan darah orang tua harus memastikan bahwa anak telah diberikan asupan gizi yang baik. Selain itu mengkomsumsi vitamin C dari sumber makanan seperti buah-buahan atau vitamin juga dapat membantu menyerapan zat besi didalam tubuh. Sebaiknya hindari meminum teh setelah makan karena the dapat menghambat penyerapan zat besi.

Disusun oleh: dr. Vita U.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.