Membentak Anak Berarti Membunuh Sel Otaknya

Membentak Anak Berarti Membunuh Sel Otaknya

Sehatmagz – Berdasarkan penelitian, pada setiap  kepala seorang anak terdapat lebih dari 10 triliun sel otak yang sudah siap tumbuh. Namun, satu bentakan atau perkataan kasar saja, dapat membunuh lebih dari 1 miliar sel otak si anak saat itu juga. Bahkan, satu pukulan atau cubitan yang disertai dengan bentakan akan membunuh bermiliar-miliar sel otak.

Sebaliknya, satu pujian, pelukan, dan kasih sayang, maka rangkaian otak akan terbentuk indah. Ini berpotensi meningkatkan kecerdasannya karena perkembangan otaknya yang sangat cepat. Anak yang dibesarkan dengan kasih sayang memiliki ukuran otak yang lebih besar dibanding anak yang sering diacuhkan.

Menurut Lise Gliot dari Fakultas Kedokteran Chicago, anak dalam masa pertumbuhan, terutama pada masa golden age (2-3 tahun), akan mengalami kerusakan atau keguguran sel otak yang sedang tumbuh saat dibentak. Bahkan, memarahi anak bisa menyebabkan gangguan fungsi organ-organ penting, seperti hati, jantung, dan lainnya.

Hal senada juga disampaikan Martin Teicher, seorang profesor psikiatri di Harvard Medical School, ketika orangtua berteriak kepada anaknya, maka akan terjadi kerusakan struktur otak pada anak. Pada otak anak yang sering dibentak, saluran yang menghubungkan otak kanan dengan otak kiri menjadi lebih kecil.

Tentu, ini mempengaruhi area otak yang berhubungan dengan emosi dan perhatian. Perubahan ini pada saat anak dewasa akan menyebabkan kecemasan, depresi, gangguan kepribadian, risiko bunuh diri, dan aktifitas otak yang mirip dengan epilepsi. Pastinya, berteriak dapat merenggangkan ikatan batin antara orangtua dan anak, seperti dkutip dari malajahgontor..

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.