Menghidupkan Rutinitas Tidur yang Baik Agar Bayi Tidak Rewel di Jam Tidur

Menghidupkan Rutinitas Tidur yang Baik Agar Bayi Tidak Rewel di Jam Tidur

Menidurkan bayi bisa menjadi suatu tantangan bagi keluarga. Segala upaya sudah dicoba, namun terkadang si kecil tak kunjung terlelap juga. Kondisi ini tak jarang membuat ibu ataupun pengasuh merasa frustasi. Kira-kira apakah ada strategi yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal ini berkelanjutan? Atau bagi anda yang sedang bersiap memiliki bayi, langkah apa yang bisa dilakukan sebagai antisipasi?

 

Termyata sebenarnya “mimpi buruk” tersebut bisa kita cegah dengan mengajari bayi memiliki kebiasaan tidur yang baik. Di awal kehidupannya bayi belum bisa membedakan antara siang dan malam. Seiring waktu bayi akan belajar membedakan siang dan malam. Lambat laun ia pun akan mempelajari kebiasaan yang menjadi isyarat baginya bahwa waktu tidur sudah datang.

 

Dengan menciptakan rutinitas dan keteraturan bayi akan menjadi lebih tenang karena sudah bisa ‘menebak’ apa yang selanjutnya terjadi. Mengajarkan bayi memiliki kebiasaan tidur yang baik ini bisa dimulai sejak lahir dan mulai diintesifkan sejak bayi berusia 4-6 minggu. Kunci utama hal ini adalah konsistensi dalam melakukan rutinitas sebelum tidur.

 

Nah, kira-kira rutinitas apa saja yang bisa kita lakukan untuk menciptakan kebiasaan tidur yang baik?

 

Bermain santai

Ibu bisa melakukan tansisi dari bermain ke tidur dengan melakukan permainan santai. Bermain dapat menjadi media pelepas energi bayi yang berlebihan. Pastikan ibu mengikuti kegiatan bermain ini dengan kegiatan yang bersifat menenangkan seperti memijat, mandi dan seterusnya.

 

Pijatan

Memijat bayi pada saat malam sebelum tdur akan membuat bayi merasa nyaman dan tenang. Ibu bisa melanjutkannya dengan mandi air hangat dan menggunakan lotion pelembab, mengganti dengan baju tidur dan menidurkan bayi.

Mandi

Di Indonesia, memandikan bayi biasanya dilakukan pada pagi dan sore hari. Namun tidak ada salahnya mencoba memandikan bayi dimalam hari. Kebiasaan memandikan bayi di malam hari seringkali dilakukan di Amerika dan negara-negara Eropa, terutama di musim panas.

Mandi dengan air hangat akan membuat bayi lebih rileks dan membuatnya lebih siap untuk tidur.
Memandikan bayi dimalam hari juga bisa dilakukan oleh ayah, dan menjadi kesempatan bagi keduanya untuk memiliki quality time berdua, setelah sebelumnya waktu bayi lebih banyak dihabiskan bersama sang ibu atau pengasuh lainnya.

Menyiapkan bayi untuk tidur

Meskipun tidak memandikan bayi kita bisa menyiapkan bayi untuk tidur dengan melakukan urut-urutan tersendiri. Misalnya saja, mengganti baju bayi dengan baju tidur, menyikat gigi dan mencuci kaki.

Membacakan Buku

Membacakan buku bisa menjadi waktu yang menyenangkan bagi bayi. Bayi akan belajar kata-kata baru, juga menikmati waktu kebersamaan dengan anda. Penelitian membuktikan bahwa kebiasaan mendongeng bermanfaat meningkatkan kemampuan bahasa dan intelegesi anda karena memiliki banyak kosa kata.

Nina Bobo

Secara alami bayi akan menyukai suara ibu kandungnya. Mendengar ibu menyanyikan lagu dengan lembut akan menenangkan bayi. Sekalipun ibu tidak hafal lagu yang dinyanyikan, ibu bisa menggumamkannya. Irama lagu yang menenangkan juga bisa membuat bayi terlelap. Saat ini juga tersedia banyak aplikasi yang bisa membantu ibu memutarkan lagu pengantar tidur untuk si buah hati

Berpelukan & Menyusui

Akhir dari rutinitas tidur dapat dilakukan dengan berpelukan dan menyusui. Sentuhan fisik ini akan menjadi media bonding dan akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi bayi.

 


Categories: Kesehatan Anak

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.