Perawatan Kulit Pada Anak Alergi

Perawatan Kulit Pada Anak Alergi

Alergi kulit pada anak atau yang sering di sebut Dermatitis atopik biasanya ditandai dengan munculnya radang berulang yang disertai gatal, yang kemudian dapat membuat kulit menjadi kering dan mengalami luka. Bagian yang dapat terkena yakni kedua pipi, lutut, dan bagian badan.

Lokasi manifestasi alergi yang sering muncul yaitu pada pipi, siku dan lutut. Namun bisa juga ditemukan pada bagian tubuh lainnya. (sumber gambar disini)

Lokasi manifestasi alergi yang sering muncul yaitu pada pipi, siku dan lutut. Namun bisa juga ditemukan pada bagian tubuh lainnya. (sumber gambar disini)

Faktor pencetusnya terjadi alergi biasanya dikarenakan makanan seperti telur ayam, ikan laut, kacang-kacangan dan susu sapi. Alergi dapat juga muncul karena terpapar debu, serbuk sari atau bulu binatang.

Umumnya, bakat alergi ini diwariskan oleh orangtua. Anak yang memiliki kedua orangtua dengan bakat alergi akan cenderung menderita alergi lebih besar bandingkan berasal dari satu orangtua yang alergi.

Pada kulit anak dengan kecendrungan alergi biasanya kering dan lebih sensitif terhadap bahan iritan. Penting bagi orang tua untuk menghindari pemicu dari alergi itu sendiri.

Berikut ini adalah tips dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) untuk merawat kulit pada anak dengan bakat alergi:

  • Gunakanlah sabun dengan pH yang seimbang dan mengandung pelembab
  • Gunakan air hangat ketika mandi
  • Ketika mandi, jangan menggosokan badan anak terlalu kuat, cukup dengan usapan ringan.
  • Jika memiliki pakaian baru, cucilah terlebih dahulu sebelum dipakai
  • Jika berenang, segeralah mandi untuk membersihkan sisa klorin
  • Gunakanlah pakaian berbahan katun, jangan terlalu tebal atau ketat.
  • Jika anak sudah mengalami alergi ada baiknya untuk memberikan cream steroid sesuai dengan anjuran dokter. Dapat juga ditambahkan lotion sebagai pelembab segera setelah mandi.
  • Hindarilah makanan-makanan yang memicu alergi

Disusun oleh: dr. Vita U.


Categories: Kesehatan Anak

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.