Yang Perlu Diketahui Saat Bayi Tidur

Yang Perlu Diketahui Saat Bayi Tidur

Bayi yang tidur nyenyak tentunya dapat menenangkan hati orang tua. Akan tetapi, di saat-saat tertentu orang tua bisa dibuat risau saat mendapati hal-hal aneh ketika bayinya tidur. Misalnya, saat bayi terdengar mendengkur saat tidur, berkeringat banyak, atau giginya bergemeletuk. Berikut ini SehatMagz paparkan beberapa hal penting yang perlu diketahui saat bayi tidur.

Mendengkur

Saat bayi mendengkur hingga mendengus saat tidur, sebenarnya orang tua tidak perlu terlalu khawatir. Terlebih lagi jika bayi mendengkur dengan ritme teratur. Jika memang bayi mengalami flu, bisa dicoba untuk diberikan pelega seperti uap atau pelembap agar napasnya lebih lega. Pastikan berhati-hati saat memberikan pelega pernapasan. Meskipun tidak mengkhawatirkan, sampaikan saja mengenai kebiasaan bayi mendengkur saat tidur saat berkunjung ke dokter.

Orang tua perlu lebih waspada jika bayi mendengkur dengan ritme tidak teratur, apalagi jika diikuti dengan megap-megap atau ngos-ngosan. Mungkin saja bayi mengalami sumbatan pernapasan akibat tonsil atau adenoidnya membesar. Hal ini mungkin banyak ditemui pada anak yang punya kecenderungan alergi atau sensitif terhadap udara atau lingkungan. Terlebih lagi jika orang tua mendapati dirinya atau pasangannya memiliki riwayat alergi. Sangat mungkin anak menerima kecenderungan terhadap alergi tersebut secara genetik dari orang tua. Alat penyegar udara atau obat pereda alergi bisa membantu. Sebaiknya, konsultasikan pada dokter sebelum mengambil keputusan.

Yang Perlu Diketahui Saat Bayi Tidur (5minutesformom)

Yang Perlu Diketahui Saat Bayi Tidur (5minutesformom)

Berkeringat Banyak

Bayi berkeringat saat tidur adalah hal yang biasa. Saat berada dalam fase tidur lelap, bayi akan berkeringat lebih banyak. Dibandingkan orang dewasa atau anak yang lebih besar, bayi memang berada dalam fase lelap lebih banyak. Itulah alasannya bayi mungkin berkeringat lebih banyak saat tidur.

Yang perlu diwaspadai oleh orang tua adalah jika bayi berkeringat sangat banyak saat tidur hingga bajunya tampak seolah basah kuyup. Biasanya hal ini juga disertai keringat banyak saat makan atau aktivitas lain dalam keadaan terbangun. Berbagai kemungkinan bisa terjadi. Bayi mungkin saja terkena penyakit infeksi, terutama jika ditemukan panas badan (demam) selain keringat banyak. Selain itu, kemungkinan lainnya adalah masalah pernapasan atau jantung yang membuat bayi harus berusaha lebih untuk bisa mencukupi kebutuhan oksigen tubuhnya. Usaha lebih yang dilakukan bayi membuatnya berkeringat banyak layaknya orang dewasa yang berkeringat saat beraktivitas berat.

Pastikan saat tidur bayi berada dalam ruangan yang hangat dilengkapi pakaian dan perlengkapan tidur yang memadai. Hindari bayi kedinginan maupun kepanasan karena bayi sangat sensitif pada suhu. Keadaan terlalu dingin maupun terlalu panas dapat berbahaya bagi bayi, bahkan dapat menyebabkan kematian mendadak (sudden infant death).

Gigi Bergemeletuk

Kebanyakan bayi bergemeletuk gigi saat tidur. Hal ini dapat terjadi pada berbagai usia bayi, namun biasanya terjadi pada masa-masa awal tumbuhnya gigi. Gigi pada bayi biasanya mulai tumbuh di usia sekitar 6 bulan. Terdapat berbagai kemungkinan yang dapat menyebabkan gigi bayi bergemeletuk. Di antaranya adalah sensasi gigi baru, nyeri karena tumbuh gigi, atau masalah pernapasan.

Meski suara gigi bergemeletuk mungkin agak merisaukan, hal itu sebenarnya tidak terlalu mengkhawatirkan. Orang tua bisa menyampaikannya pada dokter saat berkunjung. Sebaiknya bayi memang diperiksakan ke dokter gigi saat usia 1 tahun untuk diperiksa kesehatan giginya.


Comments

comments