10 Tanda Yang Menunjukkan Tubuh Sedang Sakit

10 Tanda Yang Menunjukkan Tubuh Sedang Sakit

Sehatmagz – Tanpa kita sadari, tubuh terkadang memberi sinyal tertentu yang menunjukkan penyakit tertentu. Jika kita peka untuk menyadarinya, mungkin kita bisa melakukan pencegahan dengan berkonsultasi ke dokter ataupun pencegahan lainnya. Inilah 10 sinyal yang tubuh yang menunjukkan bahwa tubuh dalam keadaan sakit.

Sesak Napas

Sesak napas yang kita rasakan setelah melakukan aktivitas tertentu yang tidak begitu berat seperti naik atau turun tangga mungkin mengindikasikan bahwa stamina telah berada di titik terrendah. Seimbangkan kembali stamina dengan melakukan olahraga atau latihan fisik.

Bibir Pecah-Pecah

Bibir kering dan pecah-pecah bukan hanya terjadi karena perubahan cuaca, tapi karena Anda kekurangan vitamin B12 yang bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti anemia dan kelemahan. Vitamin B12 bisa didapatkan dari daging, unggas, telur atau susu.

Pilek

Hidung tersumbat dan kepala pusing, tandanya anda kekurangan vitamin C.

Urine Kuning Pekat

Warna urin yang normal adalah bening atau kuning terang. Jika urin berwarna kuning pekat, bisa jadi Anda dehidrasi. Konsumsi setidaknya delapan gelas air sehari. Jika warna tidak berubah juga, mungkin Anda perlu memeriksakan ginjal Anda.

Kelelahan

Aktivitas tidak begitu padat tapi Anda merasa kelelahan? Bisa jadi Anda memiliki masalah tiroid.

Mendengkur

Tidur mendengkur juga bisa jadi merupakan salah satu indikasi penyakit. Gangguan tidur ini mengindikasikan adanya obstruksi di saluran napas dan dapat meningkatkan risiko hipertensi pulmonal dan risiko gagal jantung.

Masalah Kulit

Masalah kulit seperti jerawat atau kulit kering juga bisa jadi mengindikasikan masalah tertentu. Bisa jadi karena anda stress. Jernihkan pikiran dengan yoga atau mungkin sedikit liburan.

Nyeri Sendi

Nyeri sendi bisa terjadi karena kurangnya aktivitas fisik. Luangkan waktu 45 menit berjalan-jalan di sela jadwal Anda untuk mengatur kesehatan.

Pola Tidur Berubah

Jika Anda mengalami insomnia atau pola tidur yang berubah, bisa jadi karena stress. Cobalah untuk relaksasi atau menyegarkan pikiran agar kembali mendapatkan pola tidur teratur.

Kulit Gatal

Kulit gatal mungkin bisa sembuh dengan diolesi salep atau balsem penghangat. Jika kulit masih terus terasa gatal, segera konsultasikan ke dokter karena bisa jadi merupakan tanda penyakit liver.

 

Baca juga:

Gila Kerja Tingkatkan Risiko Sakit Kronis Pada Wanita

Migren, Migrain, Si Sakit Kepala Sebelah yang Menyiksa

Tangan Berkeringat, Benarkah Sakit Jantung?


Categories: Info Penyakit

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.