Buah untuk Penderita Diabetes

Buah untuk Penderita Diabetes

Pasien dengan diabetes diharapkan membatasi konsumsi gula  dan karbohidratnya. Namun benarkah, orang dengan diabetes tidak boleh makan buah? Berikut ini adalah fakta- fakta seputar konsumsi buah pada penderita diabetes:

  • Buah boleh dimakan oleh orang dengan diabetes
  • Jika ditinjau dari penilaian indeks glikemik (kecepatan menaikkan kadar gula darah setelah dimakan), secara umum buah memiliki indeks glikemik yang rendah. Buah -buahan kering seperti kismis dan kurma  memiliki indeks glikemik yang sedang. Beberapa buah segar yang memilki indeks glikemik sedang antara lain adalah melon dan nanas.
  • Batasi porsinya, bukan sumbernya. Satu porsi buah sebaiknya cukup mengandung 15 gr karbohidrat.
  • Contoh porsi buah yang mengandung 15 gr karbohidrat:

*1/2 potong pisang ukuran besar

*1/2 gelas manga potong

*1 ¼ gelas semangka potong

*1/3 gelas sawo potong

*3/4 gelas nanas potong

* 2 sendok makan buah kering seperti kismis dan kurma

  • Hati-hati terhadap buah yang dikeringkan (kismis atau kurma), karena hanya dalam 2 sendok saja sudah memilki 15gr karbohidrat. Selain itu penderita diabetes juga disarankan tidak mengkonsumsi jus yang banyak mengandung gula ataupun buah kalengan yang dikemas di bersama sirup.
  • Buah banyak mengandung antioksidan yang baik untuk melawan penyakit. Buah kaya antioksidan yang disarankan untuk penderita diabetes, antara lain:  Anggur, apel, jeruk lemon, nanas, mangga, pepaya dan melon
  • Penelitian BMJ (British Medical Journal 2013) pada 190.000 orang menemukan bahwa kelompok yang banyak memakan buah utuh (bukan di jus) terutara blueberries, anggur dan apel memiliki risiko lebih kecil mengalami diabetes.

Nah sekarang, yang sudah punya penyakit gula, jangan takut lagi makan buah ya!

Yang penting atur saja porsinya!

Buat yang belum kena, yuk  banyak-banyak ngemil buah!

Be happy. Be healthy!

Sumber: American Diabetes Association &Mayo Clinic

Sumber gambar: wallpapermania.eu


Comments

comments