Penyebab Dan Ciri-Ciri Kista Coklat

Penyebab Dan Ciri-Ciri Kista Coklat

Sehatmagz РEndometriosis atau yang sering disebut kista coklat merupakan kista yang terjadi pada indung telur kecil seperti hal nya kista folikel, pada biasanya kista ini tidak akan menimbulkan gejala, terkecuali jika terjadi pecah dan terpuntir hingga dapat mengakibatkan sakit perut dengan kaku dan distensi. Jika kista yang cukup besar ataupun kista yang jumlahnya banyak bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman pada panggul, pinggang terasa sakit, rasa sakit yang berhubungan dengan seksual  juga terjadi pendarahan di uterus. Pada penderita kista indung telur ini telah mengalami pemuntiran yang dapat mengakibatkan sakit perut akut.

Endometriosis atau kista coklat ini biasanya timbul dalam permulaan kehamilan serta diameternya bisa menjadi besar sekitar 5 hingga 6 cm serta menghasilkan rasa yang tidak enak pada daerah panggul. Jika pecah akan mengalami pendarahan di bagian sisi di dalam rongga perut. Bagi wanita yang sedang tidak hamil, penyakit kista ini dapat membuat menstruasi anda menjadi terlambat serta di ikuti oleh perpanjangan serta pendarahan iregiler. Kista pada indung telur polistitik ini juga dapat menghasilkan tidak terjadinya mentruasi sekunder, terjadi penurunan pada siklus pada menstruasi serta terjadi infertilitas. Biasanya para dokter dapat mendiagnosis kista pada indung telur menurut gejala serta tanda-tandanya. Pemeriksaan fisik serta terdapat beberapa jenis atas pemeriksaan laboratorium juga dapat membantu diagnosis pada beberapa jenis kista.

Penyebab Kista Coklat

Penyebab terjadinya kista coklat ataupun endometriosis ini berasal dari peritoneum atau sel-sel pada selaput perut. Penyebab ini bisa disebabkan oleh infeksi kandungan yang menahun, seperti keputihan yang tidak segera di tangani yang mengakibatkan kuman-kuman masuk pada selaput perut melewati saluran pada indung telur. Infeksi tersebut dapat melemahkan pada daya tahan diselaput perut, yang menjadikan tubuh anda mudah terserang oleh penyakit. Gejala penyakit kista ini begitu khas sebab sangat berkaitan dengan menstruasi. Seperti yang anda ketahui ketika sedang menstruasi, tidak seluruh darah bisa keluar dari rongga rahim pada mulut area kewanitaan anda, namun terdapat yang memercik pada rongga perut. Kondisi seperti ini dapat merangsang semua sel-sel yang rusak terdapat pada selaput perut yang mengakibatkan penyakit yang baru dikenal sebagai endometrisis. Sebab sifat dari penyusupan yang begitu perlahan, endometriosis atau kista coklat ini sering sekali disebut sebagai kanker yang jinak. Endometriosis ini dapat tumbuh pada perut kemudian dengan perlahan dapat menyebar hingga seluruh organ pada tubuh seperti paru, hati, usus, otak, mata, kulit, dan juga otot rahim.

Namun tempat untuk bersarang yang sangat sering ialah pada indung telur. Bentuk pada indung telur tersebut yang telah terkena endometriosis dapat berkembang juga bertambah hingga besar ketika menstruasi datang. Maka tidak heran jika penderita gejala endometriosis ini sering mengalami rasa sakit ketika sedang menstruasi. Hal ini di akibatkan oleh indung telur membengkat ketika menstruasi. Pada saat darah keluar, biasanya sakit yang di rasakan akan berkurang. Namun jika telah terjadi pelekatan pada perut dapat muncul rasa sakit yang begitu luar biasa. Semua anggota tubuh dari mulai kepala sampai pada betis akan terasa sangat sakit. Kebanyakan kista yang terjadi pada indung telur ini sangat jarang sekali dirasakan juga menghilang tanpa pernah dirasakan keberadaannya. Gejala yang biasanya muncul akibat penyakit kista ialah rasa sakit pada bagian perut. Ada baiknya anda segera mengkonsultasikan dengan dokter jika mengalami gejala-gejala yang menyerupai gejala kista.

 

Baca juga:

Nyeri Pada Payudara, Apa Saja Sebabnya?

Kebiasaan Merokok Picu Kanker Kepala Leher


Categories: Info Penyakit

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.