Sering Sakit Saat Pergantian Musim, Inilah Penyebabnya

Sering Sakit Saat Pergantian Musim, Inilah Penyebabnya

Sehatmagz – Banyak dari kita yang tak bisa melakukan aktivitas sehari-hari karena sakit ketika tiba waktu pergantian musim. Ternyata, perubahan temperatur yang dramatis bukan satu-satunya penyebab.

Penyakit flu merupakan jenis penyakit langganan yang diderita di musim pancaroba. Hal ini menurut Dr Benjamin Kaplan, dokter penyakit dalam, terjadi karena pergantian cuaca mengakibatkan perkembangbiakan jenis virus yang berbeda dari biasanya.

“Banyak penelitian menunjukkan bahwa rhinovirus dan coronavirus adalah dua penyebab utama salesma atau flu. Yang menarik, kedua virus ini berkembang biak di suhu yang lebih sejuk, misalnya saat pergantian musim semi ke musim gugur,” kata Kaplan.

Demikian pula halnya dengan virus influenza yang berkembang biak dan menyebar dengan mudah saat udara dingin dan kering.

Sementara itu, penyakit di musim panas biasanya terjadi karena beberapa faktor.orang yang memiliki alergi musiman biasanya menderita hidung tersumbat atau pilek, dan mata gatal ketika berada di dekat serbuk sari atau rerumputan.

Sistem imun orang yang alergi tersebut kemungkinan bersikap berlebihan terhadap alergi ini sehingga rentan tertular virus.

Selain itu, banyak orang yang salah mengartikan alergi dengan sakit flu, seperti dikutip dari health.kompas.com. Orang yang menderita rhintis alergi juga sering dikira sakit flu, gara-gara hidung sering berair dan mata gatal.

Untuk mencegah penularan penyakit, biasakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, aktif bergerak, menjaga pola makan, dan tidur 6-8 jam setiap malam.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.