Untuk Deteksi Kanker, Kenalilah Bentuk Payudara Normal

Untuk Deteksi Kanker, Kenalilah Bentuk Payudara Normal

Sehatmagz – Memeriksa payudara sendiri secara teratur ternyata belum cukup untuk mendeteksi kanker payudara. Setiap wanita seharusnya mengenali bentuk payudara yang normal.

Walau para ahli masih berbeda pendapat mengenai manfaat melakukan pemeriksaan payudara sendiri (Sadari), tetapi penelitian menunjukkan sekitar 20 persen kanker payudara ditemukan saat melakukan Sadari.

Berikur adalah beberapa tips untuk melakukan Sadari (pemeriksaan payudara sendiri), seperti dikutip dari breastcancer.org:

  • Lakukan Sadari (pemeriksaan payudara sendiri), secara teratur satu bulan sekali. Semakin sering dilakukan, kita akan semakin hapal bentuk dan rasa payudara yang normal.

Sadari (pemeriksaan payudara sendiri), sebaiknya dilakukan beberapa hari setelah menstruasi berakhir, saat payudara dalam kondisi lembut dan tidak padat.

  • Jangan panik jika menemukan benjolan. Sebagain besar wanita memiliki area yang benjol pada payudaranya.
  • Tidak ada payudara yang sama persis pada bagian kiri dan kanan. Area atas dan area luar (dekat ketiak) cenderung lebih padat. Sementara bagian bawah payudara terasa sedikit tidak lembut. Demikian juga di area bawah puting.
  • Gejala yang perlu diwaspadai adalah ada perdarahan pada puting, cekungan di kulit payudara, puting melesak ke dalam, atau muncul ruam di sekitar puting, seperti dikutip dari kompas.com. Namun, kanker payudara tidak akan menimbulkan gejala ketika ukuran tumornya kurang dari satu sentimeter.

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.