Waspadai Gejala Flu Burung

Waspadai Gejala Flu Burung

Sehatmagz – Sebanyak 20 unggas positif terinveksi virus flu burung di Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Mengingat virus itu bisa menular ke manusia, warga yang tinggal berdekatan dengan lokasi matinya unggas karena flu burung diminta lebih waspada.

Kepala Dinas DKI Jakarta Kosmedi Priharto mengungkapkan, gejala flu burung mirip dengan flu biasa. “Gejalanya flu, demam, pilek, batuk, tapi disertai dengan sesak napas. Kalau flu biasa kan nggak sesak napas,” kata Koesmedi.

Demam tinggi bisa mencapai lebih dari 38 derajat celcius, disertai pusing, hingga nyeri otot. Terkadang dikira penyakit demam berdarah dengue. Jika tidak cepat ditangani, virus flu burung bisa menyebabkan kematian.

Jika warga sekitar mengalami gejala tersebut, sebaiknya langsung dibawa ke puskesmas terdekat. Risiko infeksi flu burung akan dilihat apakah warga tinggal bersama unggas atau pernah kontak langsung dengan unggas yang terkena virus flu burung.

Koesmedi mengatakan, telah dilakukan penyuluhan terhadap warga yang tinggal di dekat lokasi matinya puluhan unggas di Cilandak.

Koesmedi juga mengingatkan warga untuk menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mengurangi risiko penularan virus. “Kita telah lakukan sweeping 50 meter, dimonitor selama 14 hari,” jelas Koesmedi, seperti dilansir dari health.kompas.com.

Sebanyak 20 unggas (10 entok dan 10 ayam) yang mati secara mendadak itu telah dimusnahkan dengan cara dipotong dan kemudian dikubur oleh Suku Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KKP) Jakarta Selatan, Jumat lalu.

Semua proses pemusnahan tersebut dilakukan oleh petugas yang mengenakan seragam khusus.

Sementara itu, sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 4 Tahun 2007 tentang Pengendalian, Pemeliharaan, dan Peredaran Unggas, Pemprov DKI Jakarta menyita unggas milik perorangan di pemukiman tanpa memberikan ganti rugi.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.