5 Cara Efektif Meningkatkan Stamina

5 Cara Efektif Meningkatkan Stamina

Sehatmagz – Mungkin kita sering merasa lelah apalagi setelah seharian bekerja. Ketika kita sering marah terhadap sesuatu yang kecil atau sangat bersemangat menunggu akhir pekan, ini dapat menjadi tanda bahwa kita perlu meningkatkan stamina karena sedang merasa tertekan. Berikut ini lima cara efektif meningkatkan stamina:

Olahraga

Tak ada alasan tidak ada waktu untuk tidak berolahraga. Selalu ada waktu meski sebentar untuk kita berolahraga.

Ketika kita rutin berolahraga, kita dapat merasakan tubuh yang lebih fit dan akan merasa istirahat yang maksimal di akhir pekan. Tak hanya itu, kita juga akan menjaga bentuk tubuh dan menjadikan pikiran lebih segar sepanjang hari.

Perhatikan waktu istirahat

Kita harus ekstra memperhatikan pola tidur dan istirahat. Jika tidur terlalu banyak, pikiran dan tubuh tidak akan siap untuk berkegiatan dan jika terlalu sedikit tidur juga tidak akan membuat tubuh mendapatkan kecukupan energi. Untuk mendapatkan pola tidur yang tepat, kita juga bisa berkonsultasi dengan dokter.

Perhatikan gaya hidup

Biasakan untuk mengorganisir diri sendiri atau menuliskan daftar kegiatan yang akan dilakukan. Jika membutuhkan waktu berlibur sebentar bersama keluarga atau teman-teman, maka lakukanlah. Begitu pun jika anda hanya ingin beristirahat di rumah sepanjang akhir pekan. Gaya hidup sehari-hari juga berpengaruh pada stamina tubuh.

Bermain game yang memerlukan kekuatan fisik

Bergabung dengan klub olahraga atau permainan yang memerlukan kekuatan fisik, seperti bermain tenis, sepak bola, voli, dan lainnya akan membantu kita keluar dari kemalasan dan membangun kekuatan yang lebih baik, sehingga kita merasa lebih kuat dan senang.

Pola makan sehat

Makanan tetap menjadi hal utama yang penting untuk diperhatikan, seperti dikutip dari health.kompas.com. Buah dan sayuran menjadi makanan sehat yang perlu dikonsumsi sehari-hari. Hindari juga alkohol. Makanan yang sehat akan membantu menjaga stamina tubuh yang baik pula, terlebih makanan kaya protein.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.