Bagaimana Caranya Freeletics Membentuk Tubuh Sehat, Langsing dan Berotot dalam 100 Hari?

Bagaimana Caranya Freeletics Membentuk Tubuh Sehat, Langsing dan Berotot dalam 100 Hari?

Overview

Sebenarnya apa saja yang dilakukan oleh dengan olahraga freeletics sehingga kita bisa mendapatkan tubuh ideal seperti yang tertulis di dalam judul tulisan ini?

  1. Freeletics adalah termasuk olahraga dengan intensitas tinggi

Selama melakukan freeletics, kita diminta untuk melakukan beberapa seri latihan yang harus dilakukan dalam waktu secepat mungkin. Latihan dengan intensitas tinggi akan meningkatkan detak jantung dan membakar kalori.

  1. Afterburn Effect

Salah satu kelebihan dari olahraga intensitas tinggi adalah kita mendapatkan fenomena yang dikenal sebagai afterburn effect.  Proses ini akan meningkatkan proses metabolisme tubuh setelah olahraga. Hal ini memungkinkan kita tetap membakar kalori walaupun sedang beristirahat. Kalori terus dibakar untuk memenuhi oksigen yang diperlukan tubuh. Hal ini  dikenal dengan istilah EPOC (Excess Post-Exercise Oxygen Consumption)  atau peningkatan jumlah oksigen yang harus masih dibutuhkan tubuh setelah berolahraga. Tidak heran banyak yang berhasil menurunkan berat badannya setelah melakukan  rangkaian olahraga ini.

afterburn effect

  1. Functional Training

Sebelum memulai satu jenis latihan, anda akan mendapatkan tutorial lewat web atau apps yang telah di unduh. Tutorial ini akan menunjukkan bagaimana melakukan gerakan yang benar secara biomekanik, serta efektif untuk melatih otot. Misalnya saja saat akan melakukan locatan, anda diminta untuk melakukannya hingga lutut berada setinggi pinggul  kemudian jangan lupa mengayunkan tangan agar loncatan bisa lebih tinggi.

  1. Terarah

JIka sudah memulai program dan memiliki “coach” anda akan mendapatkan resep latihan yang harus dilakukan dalam 4 kali dalam seminggu. Resep latihan ini akan berisi jenis gerakan yang diperlukan untuk meraih tujuan anda. Tujuan yang ingin dicapai dapat berupa membakar lemak (cardio) atau berupa kekuatan dan pembentukan otot (streght).  Misalnya saja pelatih akan memberikan resep olahraga Poseidon (pull up dan push up bergantian) , dengan tujuan membentuk otot bahu dan dada. Sekali waktu pelatih juga bisa meminta anda berlari 5 km untuk membakar lemak yang membandel.

  1. Terus temotivasi

Target yang diberikan oleh pelatih terkadang membuat kita merasa tidak akan sanggup untuk menyelesaikannya. Dengan inovasi pilihan “bergabung dengan komunitas” kita dapat terus termotivasi melihat banyak peserta lain yang berhasil mencapai target. Prinsip yang didengungkan adalah “giving up is not and option”. Walaupun rasanya tidak sanggup, yang penting anda menyelesaikannya terlebih dahulu. Perlahan, anda akan terbiasa dan memperbaiki catatan  waktu anda.

i do it because you said i cant

  1. Panduan Nutrisi

Nutrisi merupakan salah satu faktor penting dalam regimen olahraga ini. Otot yang mengalami mikrotrauma selama olahraga memerlukan nutrisi yang tepat untuk proses pemulihan. Selain itu, sesuai dengan tujuan masing-masing orang freeletics juga menyiapkan panduan gizi yang sesuai. Misalnya jika anda ingin mengurangi berat badan, anda akan disarankan mengkonsumsi kalori lebih sedikit dari yang dibutuhkan. Atau jika anda bertubuh kurus dan ingin membangun masa otot, anda akan disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak kalori. Lebih asyiknya lagi, panduan gizi ini juga dilengkapi dengan resep yang mudah dan cepat untuk diaplikasikan. Diharapkan dengan kemudahan untuk menyiapkan makanan sendiri, pelakuknya bisa menjalankan gaya hidup “clean eating”.

  1. No excuse

Latihan freeletics nyaris tidak perlu memerlukan alat bantu yang berarti. Memang, tentu lebih nyaman berolahraga jika anda menggunakan setelan olahraga dan sepatu yang tepat. Namun kebanyakan latih freeletics dapat dilakukan dimanapun, kapanpun tanpa menggunakan alat bantu. Yang pasti, anda memerlukan tempat yang cukup, minimal berukuran 2×2 m untuk bisa melakukan gerakan-gerakan seperti pushup, climbing, burpees, atau meloncat. Gerakan-gerakan ini menitikberatkan penggunaan berat badan tubuh untuk melakukan latihan, sehingga tidak memerlukan alat seperti barbell atau chest-press machine. Dengan keunggulan ini, anda rasanya tidak memiliki alasan terlalu sibuk, malas keluar karena macet ataupun  tidak punya uang untuk membeli alat fitness yang mahal.

Latihan freeletics dapat dilakukan dimana saja. (traininginstict.com)

Latihan freeletics dapat dilakukan dimana saja. (traininginstict.com)


Categories: Kebugaran& Olahraga

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.