Ingin Langsing? Lupakan Diet Ketat, Utamakan Olahraga

Ingin Langsing? Lupakan Diet Ketat, Utamakan Olahraga

Sehatmagz – Bila anda ingin memperoleh tubuh ideal, diet ketat berlapar-lapar bukanlah jalan keluar yang tepat. Sebuah studi mengungkapkan bahwa penurunan berat badan lebih efektif dilakukan dengan olahraga daripada diet ketat.

Seperti disampaikan oleh para peneliti dari University of Missouri, AS, olahraga memainkan peran penting dalam memerangi obesitas. Ini karena olahraga dapat mempromosikan fungsi metabolisme dan memperbaiki fungsi mikroba usus dalam mencerna makanan.

“Temuan ini mengonfirmasi bahwa olahraga merupakan komponen penting dari kesehatan secara keseluruhan. Rutin melakukannya bahkan dapat membantu memerangi obesitas, khususnya selama periode remaja,” ujar peneliti Victoria Vieira-Potter, seperti dikutip dari Times of India, Kamis (19/5/2016).

Dalam studi yang dilakukan pada tikus tersebut, tim peneliti membagi tikus-tikus menjadi tiga kelompok. Semua tikus sama-sama diberi makan dengan diet tinggi lemak. Dua kelompok tidak diberikan latihan fisik apapun, sementara kelompok ketiga diberikan aktivitas dengan roda berjalan.

Temuan menunjukkan bahwa tikus yang melakukan latihan fisik memiliki sistem metabolik yang lebih sehat, dibandingkan tikus yang tak melakukan latihan fisik, seperti dikutip dari health.detik.com. Mikroba usus yang berfungsi baik juga relatif lebih banyak, meskipun jumlah makanan yang diberikan sama persis.

“Secara keseluruhan, tikus yang aktif berolahraga memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi. Ini menempatkan mereka dalam posisi yang lebih baik dalam usaha menghindari kenaikan berat badan di masa depan,” papar Viera-Potter.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.