Jangan Sampai Meninggal Saat Berolahraga, Cek Kesiapan Anda dengan Kuisioner Ini

Jangan Sampai Meninggal Saat Berolahraga, Cek Kesiapan Anda dengan Kuisioner Ini

Overview

Mungkin anda pernah mendengar berita  tentang teman, saudara atau public figure yang meninggal saat sedang berolahraga. Sebut saja artis Adjie Massaid yang meninggal seusai  bermain futsal.  Selain itu, ada pula kabar meninggalnya Bupati Kudus yang meninggal setelah bermain tenis.

Guna menghindari hal tersebut,  salah satu hal yang bisa dilakukan adalah  anda bisa menilai diri anda lewat sebuah kuisioner  kesiapan melakukan aktivitas fisik atau terkenal juga dengan akronim PAR-Q (Physical Activity Readiness Quistionaire). Isi kuisioner antara lain:

  1. Apakah dokter pernah menyatakan bahwa anda mengalami masalah  jantung atau masalah lain yang menyatakan bahwa anda hanya boleh beraktivitas  dengan rekomendasi dari dokter?

  1. Apakah anda merasakan nyeri dada pada saat berolahraga atau beraktivitas fisik?

  1. Dalam satu bulan terakhir, apakah anda merasakan nyeri dada saat tidak melakukan aktivitas fisik?

  1. Apakah anda pernah kehilangan keseimbangan karena merasa pusing? Apakah anda pernah kehilangan kesadaran (pingsan)?

  1. Apakah anda memiliki masalah pada persendian yang mungkin memburuk jika anda melakukan perubahan dalam aktivitas fisik?

  1. Apakah dokter anda saat ini meresepkan obat untuk penurun tekanan darah atau  penyakit jantung?

  1. Apakah anda merasa ada alasan lain yang mendasari anda untuk tidak melakukan aktivitas berat?

Jika anda menjawab  “YA” untuk salah satu pertanyaan tersebut, atau  jika anda berusia 40 tahun keatas dan sebelumnya tidak aktif secara fisik atau anda memiliki kekhawatiran terhadap kesehatan anda, konsultasikanlah kesehatan anda  kepada dokter.

 Alternatif lain, anda dapat meningkatakan  intensitas latihan secara perlahan hingga mencapai tingkatan intensitas latihan yang  ingin anda lakukan.

Jika anda masih ragu atau tidak ada data dasar yang bisa digunakan, tidak ada salahnya untuk melakukan check up kesehatan. Pemeriksaan yang dilakukan antara lain dimulai dari yang paling sederhana: cek tekanan darah, pemeriksaan untuk profil lipid, rekam jantung, tes kebugaran dengan treadmill test (cardiac stress test). Pemeriksaan ini utamanya jika anda telah berusia 40 tahun.  Dokter atau professional kesehatan lainnya mungkin akan merekomendasikan jenis pemeriksaan lain untuk anda lakukan.


Categories: Kebugaran& Olahraga

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.