Manfaat Menari Bagi Tubuh

Manfaat Menari Bagi Tubuh

Sehatmagz – Menari ternyata tak hanya menyenangkan, tetapi juga menyehatkan. Menari pun tak sekedar menggerakkan tubuh, tetapi bagaimana tubuh dapat bergerak seirama dengan alunan musik. Saat itulah, otak bekerja, mengatur tubuh untuk bergerak mengikuti musik.

Selama ini, mereka yang suka menari mungkin tak pernah menyadari manfaatnya. Berikut manfaat menari bagi kesehatan:

  1. Memperbaiki koordinasi tubuh

Menari merupakan gerakan tubuh yang indah dengan menyelaraskan aktivitas fisik dan psikologis. Ketika bergerak, neuron akan mengontrol otot-otot yang memengaruhi sendi, gerakan, dan keseimbangan. Sistem saraf mengaktifkan kelompok otot yang kemudian memunculkan berbagai gerak.

 

  1. Menguatkan memori otot

Menari bisa meningkatkan fungsi otak, salah satunya bagian memori otot yang memungkinkan seseorang melakukan tarian dengan benar secara refleks atau tanpa perlu berpikir.

Menurut neuroscientist Daniel Glaser, hal tersebut dapat terjadi karena setiap gerakan tari sudah direkam oleh otak.

Dr. Becca Rodriguez dari San Diego Ballet, The Academy of Performing Arts of San Diego, dan San Diego Symphony mengatakan, gerakan menari dapat merangsang sel-sel memori otot, yang disebut sel B.

Sel tersebut diaktifkan setiap mengulang gerakan saat menari.penari akan otomatis mengingat koreografi dan melakukan tarian mengikuti irama musik.

 

  1. Meningkatkan aktivitas otak kecil

Kebiasaan menari menyebabkan pergeseran aktivitas di bagian otak besar (cerebrum) yang mengontrol gerakan dan berpikir, menjadi di otak kecil (cerebellum)-bagian otak yang mengontrol keseimbangan. Hal ini membuat tubuh akan lebih mudah melakukan gerakan.

Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Cerebral Cortex, ditemukan gerakan berulang dengan berputar-putar seperti balerina dapat meningkatkan ukuran otak kecil dan mengurangi rasa pusing.

 

  1. Menghambat penuaan otak

Otak juga mengalami penuaan. Dengan menari, konektivitas otak terus mengalami peningkatan karena sel-sel saraf di otak saling berhubungan dengan baik. Hal ini karena fungsi otak terus terintegrasi dengan gerakan,emosi, dan irama musik.

Ternyata, gerakan menari itu meningkatkan volume materi abu-abu atau bagian otak di wilayah hippocampus. Meningkatnya volume materi abu-abu itu dikaitkan dengan kondisi otak yang lebih muda dan kesehatan otak yang lebih baik secara keseluruhan.

 

  1. Mengurangi risiko penyakit otak

Menari dapat mengurangi risiko penyakit otak dan meningkatkan kekuatan mental pada semua umur, seperti dikutip dari health.kompas.com. Mengikuti kegiatan menari dipercaya dapat mengurangi risiko demensia, seperti Alzheimer atau penyakit pikun.

Penelitian tahun 2013 yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine menunjukkan, menari dengan gaya bebas dapat mempertajam pikiran karena membuat otak akan terus berpikir tentang gerakan apa selanjutnya.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.