Mau Langsing? Olahraga Yuk! Studi Ungkap Banyak Gerak Turunkan Nafsu Makan

Mau Langsing? Olahraga Yuk! Studi Ungkap Banyak Gerak Turunkan Nafsu Makan

Sehatmagz – Tak Cuma membantu membakar kalori berlebih dalam tubuh, rajin olahraga juga bisa bikin langsing. Hal tersebut karena dengan banyak bergerak, nafsu makan akan turun secara otomatis.

Peneliti David Stensel dari Loughborough University, Inggris, menuturkan bahwa selama ini orang cenderung malas olahraga karena takut setelahnya akan merasa lapar, sehingga makan berlebihan. Namun kenyataannya justru sebaliknya, olahraga membantu memangkas nafsu makan berlebih.

Stensel menuturkan, selama ini beberapa penelitian mengklaim bahwa hormon terkait nafsuk makan dapat meningkat setelah olahraga, terutama pada wanita. Namun studi barunya justru tidak menunjukkan teori tersebut.

Dalam studi yang telah diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise tersebut, Stensel dan timnya menganalisis respons hormonal, psikologis dan perilaku terhadap pola latihan pada 12 responden wanita.

Hasilnya, peserta yang sebelumnya diberikan pola latihan fisik seperti salah satunya latihan treadmill, mengonsumsi sekitar 300 kalori lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak olahraga terlebih dahulu.

“Ini berarti olahraga tidak akan selalu membuat anda makan berlebihan atau mengganti kalori yang hilang dengan makan. Studi kami menunjukkan sebaliknya, setidaknya dalam jangka pendek,” imbuh Stensel.

Olahraga sebelum sarapan juga disebutkan merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk membakar lemak lebih banyak. Dr Emma Stevenseon dan rekannya Javier Gonzalez dari Nortumbria University, Newcastle, melakukan penelitian kepada 12 orang pria dewasa sehat. Mereka diminta untuk berlari di treadmill pada pukul 10 pagi setiap harinya.

Hasilnya ditemukan bahwa partisipan yang berolahraga sebelum sarapan membakar 20 persen lebih banyak daripada mereka yang olahraga setelah sarapan. Selain itu, berolahraga sebelum sarapan juga tidak menambah nafsu makan ketika makan siang.

“Untuk menyukseskan program penurunan berat badan, kita harus membakar lemak lebih banyak daripada mengonsumsinya. Karena itu, waktu olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan adalah pagi hari sebelum sarapan,” tutur Gonzalez, seperti dikutip dari health.detik.com.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.