Mencegah Obesitas di Usia Tua, Olahraga Ternyata Lebih Penting daripada Diet

Mencegah Obesitas di Usia Tua, Olahraga Ternyata Lebih Penting daripada Diet

Kesadaran untuk melakukan gaya hidup sehat biasanya semakin meningkat saat kita tidak lagi muda. Hal ini utamanya disebabkan oleh fungsi tubuh yang mulai menurun dan sakit mulai berdatangan. Tidak hanya itu, tubuh yang semakin menggendut juga menjadi pengingat bagi kita agar menjaga makanan dan berolahraga.

Studi yang dilakukan di Amerika menyebutkan bahwa seiring bertambahnya usia, kualitas diet masyarakat menjadi lebih baik. Konsumsi salad dan ikan meningkat dibandingkan dengan konsumsi fast food.  Namun sayangnya berdasarkan penelitian yang melibatkan hampir 5000 warga Amerika ini, usaha tersebut tidak terlalu efektif untuk menahan laju pertambahan berat badan seiring usia.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di  Jurnal Medicine & Science In Sports & Exercise edisi April 2015 ini, disebutkan bahwa aktivitas fisik dan olahraga  merupakan faktor yang lebih penting untuk menghindari peningkatan berat  badan yang terjadi seiring usia.

Peneliti utama Russel Pate, Ph.D menyampaikan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas fisik memiliki peran yang sangat vital dalam hal kenaikan berat badan yang berhubungan dengan usia. Pate juga menambahkan hal ini mungkin disebabkan oleh penurunan aktivitas fisik seiring bertambahnya usia. Penurunan aktivitas ini dapat dilatarbelakangi oleh  tuntutan pekerjaan, kemudahan teknologi atau adanya nyeri  pada lutut atau pinggang yang membuat orang menjadi enggan untuk bergerak.

Berdasarkan hasil penelitian ini, Dr. Pate berpesan agar  setiap individu dewasa dapat memenuhi panduan aktivitas fisik, yaitu 150 menit/ minggu. Pate percaya bahwa dengan memenuhi anjuran tersebut angka obesitas pada usia tua tidak akan sebanyak saat ini.

Baca juga:

Panduan Berolahraga di Usia Tua

Memulai Olahraga di Usia Tua


Comments

comments