Mengenal Zumba

Mengenal Zumba

Senam zumba merupakan salah satu jenis olahraga yang saat ini kian populer di antara wanita Indonesia. Jika anda adalah salah satu orang yang ingin memulai kelas zumba, tidak ada salahnya untuk mengenal jenis olahraga yang satu ini.

Apa itu zumba?

Zumba adalah salah satu jenis kelas senam dengan gerakan  dan musik yang berakar dari tradisi latin. Selama senam kita akan melakukan gerakan yang  terinspirasi dari gerakan salsa, merengue, mambo, reggaeton, tango, chachacha dan hip-hop.

Satu sesi kelas zumba biasanya berlangsung selama 50-60 menit yang terdiri dari  sesi gerakan cepat (fast rhythm) dan gerakan lambat (slow rhythm) dikombinasi dengan resistance training untuk membakar lemak dan membentuk otot. Bisa dikatakan zumba adalah olahraga cardio yang juga mampu membentuk tubuh.

Zumba sering dipromosikan sebagai pesta dansa, sehingga peserta nya selalu senang dan antusias untuk mengikuti kelasnya setiap hari. Have fun, and love yourself! Begitu kira-kira pesan yang disampaikan oleh para instruktur zumba.

Sejarah zumba berawal dari Alberto Perez, seorang penari dan koreografer dari Columbia. Suatu hari saat sedang mengajar kelas aerobik, ia lupa membawa kaset aerobiknya. Perez mengecek tas punggungnya dan menemukan kaset lain. Kelas aerobik hari itu akhirnya menggunakan alunan musik salsa dan meurenge dan menjadi cikal bakal berkembangnya zumba yang kita kenal sekarang.

Perez kemudian mematenkan zumba pada tahun 2001. Sejak itu, zumba telah berkembang di 125 negara dan menjadi industri yang menyediakan latihan tari, pelatihan instruktur, game, juga pakaian zumba.

Berapa banyak kalori yang dibakar oleh Zumba?

Bahkan situs resmi zumba tidak dapat memprediksi berapa tepatnya kalori yang dibakar dalam setiap sesi zumba.  Hal ini disebabkan adanya faktor lain seperti berapa berat anda, berapa massa otot anda, dan seberapa keras anda berolahraga.

Menurut publikasi dari Harvard Health, seseorang diperkirakan mampu membakar 360-532 kalori selama satu jam melakukan  tarian dalam ritme cepat. Berdasarkan fakta tersebut, klaim yang ditulis dalam website Zumba “100 kalori per kelas” sepertinya dapat dipercaya.

Macam macam Zumba

Terdapat 8 jenis zumba yang disesuaikan dengan tingkat usia dan tenaga yang dikeluarkan

  1. Zumba Gold: ditujukan untuk populasi usia tua dan menggunakan musik yang sama dengan musik zumba biasanya, namun dengan gerakan yang lebih konservatif dan aman untuk usia tua.
  2. Zumba Step: zumba yang dilakukan tujuan menguatkan otot pantat dan kaki dengan melakukan gerakan antigravitasi khas zumba dan gerakan aerobik.
  3. Zumba Toning : zumba yang dilakukan dengan bantuan tongkat toning. Gerakan zumba ini menyasar pada otot perut, paha, tangan dan otot lain diseluruh tubuh. Latihan ini baik untuk membentuk tubuh dan juga baik untuk jantung.
  4. Aqua Zumba adalah zumba yang dilakukan di dalam kolam renang. Instruktur akan memimpin kelas di atas kolam, sementara peserta akan mengikuti di dalam kolam dangkal.
  5. Zumba In The Circuit: kelas biasanya berlangsung selama 30 menit, dimana peserta akan melakukan satu menit menari zumba diselingi oleh latihan yang dilakukan pada alat fitness lain (circuit) selama satu menit juga.
  6. Zumba Kids merupakan kelas zumba yang didesain untuk anak berusia 4 sampai 12 tahun. Kelas ini menggunakan gerakan dan musik yang sama dengan zumba biasa, namun ditambahkan kegiatan-kegiatan yang disukai oleh anak-anak.
  7. Zumba Gold-Toning adalah kelas zumba yang dilakukan untuk kelompok usia tua yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan postur, mobilitas, dan koordinasi.
  8. Zumba Sentao adalah jenis zumba yang dilakukan diatas kursi dengan tujuan menggunakan berat tubuh untuk menguatkan dan membentuk tubuh.

Dengan banyaknya variasi zumba yang tersedia, zumba diklaim cocok dilakukan oleh berbagai tingkat usia, dari 0-100 tahun.

Nah, bagaimana, apakah anda tertarik untuk memulai kelas zumba?


Categories: Kebugaran& Olahraga

Comments

comments