Berapa Gelas Kopi Sehari yang Aman Bagi Kesehatan?

Berapa Gelas Kopi Sehari yang Aman Bagi Kesehatan?

Selama ini kita sering  mendengar banyak informasi yang seolah saling bersebrangan mengenai konsumsi kopi. Ada yang mengatakan kopi baik untuk kesehatan  dan menganjurkan minum kopi hingga 3 gelas per hari. Sementara sebagian lagi mengatakan kopi dapat meningkatkan risiko kanker dan mengganjurkan untuk membatasi konsumsinya. Kita akhirnya dibuat bingung, sebaiknya minum kopi atau tidak ya?  Berapakah batasan minum kopi yang aman? Benarkah kopi aman bagi kesehatan?

Nah, supaya jelas kita simak saja pendapat ahlinya! Disarikan dari rubrik The Expert Harvard School of Public Health,  Dr. Rob van Dam akan menjelaskan seluk beluk hubungan kopi dengan kesehatan yang didapat dari hasil-hasil penelitian terbaru. Semoga setelah ini anda tidak  bingung lagi ya!

Berapa batasan jumlah  kopi yang boleh kita minum dalam sehari?

Berdasarkan penelitian yang melihat pengaruh kopi terhadap terjadinya penyakit kronis  atau kematian, konsumsi kopi hingga 6 gelas sehari (600 mg kafein) tidak memberikan efek yang negatif. Perlu diingat bahwa dalam penelitian, 1 gelas kopi berukuran 8 ons dan memiliki  kandungan 100 mg kafein. Dalam konsumsi sehari-hari kadang kita bisa mengkonsumsi 16 ons kopi dalam 1 gelas yang mengandung  kafein sebesar 300 mg.

Namun perlu diperhatikan, apabila konsumsi kopi menimbulkan gangguan seperti jantung berdebar, tremor, perasaan stress, tidak nyaman, gangguan tidur,dan gangguan pencernaan, itu artinya anda harus segera membatasi konsumsi kopi anda. Hal ini bersifat unik dan individual, bergantung pada kemampuan toleransi masing-masing orang.

Batasan mengkonsumsi kopi juga perlu dilihat dari intake kalori yang kita peroleh dari segelas kopi. Hati-hati mengkonsumsi kopi tinggi kalori yang saat ini semakin populer, misalnya saja, Mocha Frappachino Starbucks (24 ons) yang disajikan bersama whipped cream. Dalam satu sajian  kopi ini sudah mengandung kalori sebanyak 500 kal, atau setara dengan seperempat kebutuhan harian rata-rata sebesar 2000 kal.  Kelebihan kalori ini dapat menimbulkan risiko peningkatan berat badan dan kemungkinan terkena Diabetes Tipe II.

Apakah kopi baik untuk kesehatan  atau justru buruk? Mengapa ada pendapat ahli yang berbeda-beda?

Selama ini kopi identik dengan kandungan kafeinnya, padahal sesungguhnya kopi merupakan minuman yang kompleks dengan kandungan zat aktif lainnya. Terdapat lebih dari seratus kandungan zat aktif kopi yang dapat memberikan efek yang berbeda pada kesehatan. Beberapa kandungan dapat memberikan efek baik pada sejumlah problem kesehatan tertentu, sementara kandungan lainnya memberikan efek yang mungkin buruk pada problem kesehatan lainnya. Oleh karena itu  kita mendesain penelitian tentang manfaat kopi pada satu problem kesehatan yang spesifik, misalnya pada Diabetes Mellitus dan Penyakit Kardiovaskuler. Selain itu kami juga meneliti efek kopi pada risiko kematian jangka panjang, sebuah parameter yang lebih baik untuk menggambarkan efek kopi bagi kesehatan.

Apakah  ada penelitian terpercaya yang membuktikan manfaat kesehatan dari kopi?

Penelitian dalam 10 tahun terakhir ini telah menunjukkan manfaat kopi dalam mencegah Diabetes Tipe II, Parkinson, dan Kanker Hati. Sebagai contoh, hubungan antara konsumsi kopi dengan Diabetes Mellitus tipe II telah di evaluasi dalam 25 penelitian cohort yang dikerjakan di Amerika, Eropa, dan Asia. Hasil dari penelitian-penelitian ini menunjukkan konsumsi kopi dapat menurunkan risiko diabetes. Menariknya, manfaat ini ditemukan pada konsumsi kopi berkafein dan tidak berkafein, sehingga diduga ada kandungan lain kopi yang bermanfaat untuk mencegah diabetes.

Penelitian metaanalisis terbaru yang dikerjakan di Harvard menemukan bahwa konsumsi sedang kopi (3-5 gelas) sehari dapat  sedikit menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Penelitian seputar manfaat kopi masih terus dilakukan dan hingga saat ini dan para peneliti belum sampai pada taraf menyatakan bahwa kopi harus dikonsumsi guna mendapatkan manfaat bagi kesehatan.

 Baca juga: 7 Mitos dan Fakta mengenai Kafein


Categories: Gizi, Makanan Sehat

Comments

comments