Besar Kecilnya Botol Susu Pengaruhi Berat Badan Bayi

Besar Kecilnya Botol Susu Pengaruhi Berat Badan Bayi

Sehatmagz – Bayi yang minum dari botol susu besar sejak awal kehidupannya, khususnya bayi yang minum susu formula, dapat mengalami kenaikan berat badan pada usia enam bulan ketimbang bayi yang minum dari botol kecil, studi menunjukkan.

Untuk menilai bagaimana ukuran botol mempengaruhi berat badan bayi, peneliti mlibatkan 386 bayi yang diberi susu formula.

Untuk mencari hubungan antara besar kecilnya botol susu dengan kenaikan berat badan, peneliti mulai menanalisa saat bayi berusia dua bulan.

Peneliti melacak  berat badan bayi berdasarkan ukuran botol yang mereka gunakan, yang berkisar 30 ml. sekitar 45 persen bayi menggunakan botol berukuran 200 ml untuk minum susu formula.

Dibandingkan dengan bayi yang diberi susu dari botol kecil, bayi yang minum susu setidaknya 200 ml memiliki berat badan 0,5-1 kg lebih berat pada usia enam bulan, penelitian ini menemukan.

“Setiap bayi berbeda, tapi kami tahu bahwa bayi usia dua bulan umumnya akan minum 100 ml susu untuk sekali minum,” kata penulis utama studi Dr Charles Wood, seorang peneliti pediatri di University of North Carolina di Chapel Hill.

“Botol yang lebih besar bisa berarti bahwa orangtua memasksa bayi mereka untuk minum banyak, sehingga berkontribusi untuk mengalami berat bdan berlebih,” Wood menambahkan.

Salah satu tantangan bagi bayi yang minum susu botol adalah mereka mungkin lebih sulit untuk merasakan kenyang, ketimbang bayi yang diberi ASI, kata Karen Bonuck, seorang peneliti pediatri di Albert Einstein College of Medicine dan Montefiore Medical Center di New York yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

“Selain itu, orangtua yang memberi susu botol umumnya memiliki keinginann untuk mengepreksikan kasih sayangnya melalui pemberian makanan. Sedang orangtua yang menyusui langsung lewat payudara, sudah mendapatkan ikatan itu tanpa perlu mengandalkan makanan (susu),” pungkasnya, seperti dikutip dari health.kompas.com.

 

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.