Inilah Deretan Makanan Pemicu Bau Mulut

Inilah Deretan Makanan Pemicu Bau Mulut

Sehatmagz – Anda telah rajin menyikat gigi, namun bau mulut anda tak tertolongkan? Bisa jadi penyebabnya karena makanan yang anda konsumsi. Mari kita kenali sejumlah makanan pemicu bau mulut berikut ini.

-Keju

Asam amino dalam keju dan produk susu lainnya bisa bereaksi dengan bakteri di mulut, kemudian memproduksi komponen sulfur tidak stabil yang menyebabkan bau mulut.

-Kopi

Tugas utama air liur adalah membasuh bakteri dari mulut. Kafein, justru akan memperlambat produksi air liur sehingga bakteri semakin banyak berkembang biak dan melepaskan gas pemicu bau mulut. Bau mulut akibat kopi akan bertambah keras di pagi hari karena saat tidur, produksi air liur memang sedikit. Untuk mencegahnya, setelah minum kopi sikatlah gigi anda dan minum segelas air.

-Steak

Daging merah banyak mengandung protein yang terbentuk dari asam amino. Mirip dengan produk susu, nutrisi ini juga bereaksi dengan bakteri. Namun, mengonsumsi daging akan menghasilkan lebih banyak komponen sulfur dibanding seiris keju.

-Minuman beralkohol

Alkohol juga menyebabkan dehidrasi, yang berarti produksi air liur berkurang dan lebih banyak bakteri di mulut. Minuman beralkohol juga menyebabkan lapisan di gigi yang mudah ditempeli bakteri, seperti dikutip dari health.kompas.com. Perlu diingat juga bahwa minuman beralkohol juga tidak baik bagi kesehatan, maka sebaiknya anda menghindarinya.

-Rokok

Kebiasaan menghisap rokok adalah sumber dari bau mulut tak sedap.

 


Categories: Berita Kesehatan, Gizi

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.