Jus Bukan Makanan Untuk Bayi

Jus Bukan Makanan Untuk Bayi

Ternyata, jus tidak baik untuk diberikan kepada bayi. Meskipun jus terbuat dari buah, namun ternyata jus bukanlah minuman yang tepat untuk bayi. Hal ini dikemukakan oleh Ari Brown, co-author buku Baby 411 : Clear Answers and Smart Advice for Your Baby’s First Year, seperti dilansir Baby Center. Ia mengungkapkan bahwa serat yang bermanfaat untuk bayi tentu hilang dari buah-buahan dalam proses pembuatan jus. Yang tersisa selanjutnya hanyalah gula yang terlalu banyak untuk dikonsumsi bayi.

Seorang ahli gizi yang juga penulis buku What Do I Feed My Baby : A Step By Step Guide to Solids, Leanne Cooper, menyatakan bahwa gula yang terkandung dalam jus akan mempercepat laju makanan di dalam saluran pencernaan bayi. Berhubung saluran pencernaan bayi tidak seperti orang dewasa, maka cepatnya laju makanan tersebut justru berimbas pada buruknya penyerapan sari makanan yang mengandung nutrisi penting untuk bayi. Lebih jauh, cepatnya laju makanan dapat menyebabkan diare pada bayi.

Jus Bukan Makanan Untuk Bayi (popsugar)

Jus Bukan Makanan Untuk Bayi (popsugar)

Jus juga diyakini bukan sumber vitamin C yang cocok untuk bayi. Pasalnya, bayi hanya membutuhkan jumlah yang kecil dari vitamin C untuk kebutuhan hariannya. Kebutuhan vitamin C untuk bayi dapat dipenuhi hanya dengan memakan sepotong kecil buah per hari.

Tentu saja yang juga perlu diingat adalah makanan dan minuman di luar ASI sebaiknya diberikan setelah bayi berusia 6 bulan. Sebelum berusia 6 bulan, sebaiknya ibu menyusui bayi dengan ASI eksklusif seperti direkomendasikan oleh para ahli kesehatan anak dan gizi.


Comments

comments