Makanan yang Harus Dihindari Saat Diare

Makanan yang Harus Dihindari Saat Diare

Halo apa kabar? Kali ini kita akan membahas sedikit seputar diare. Saya yakin setiap kita pasti pernah mengalami diare dalam hidupnya. Penyebab diare sendiri bisa sangat beragam, mulai dari gangguan penyerapan karena makanan, alergi atau akibat proses infeksi.

Jika anda atau orang terkasih sedang mengalami diare, terkadang soal penyediaan makanan menjadi permasalahan sendiri.  Saat diare melanda kadang kita merasa seba salah, perut terasa lapar dan badan terasa lemas, namun bingung  harus makan apa karena khawatir jika salah makan, justru malah membuat perut semakin mulas dan diare berkelanjutan.

Berikut ini tersaji rangkuman makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi selama diare. Semoga setelah ini tidak bingung lagi ya!

Berdasarkan sejumlah penelitian dan pengalaman empiris, makanan- yang sebaiknya dihindari antara lain:

Makanan berlemak

Makanan berlemak yang dimaksud baik berupa daging-dagingan bergajih, juga termasuk goreng-gorengan serta makanan yang berminyak lainnya. Saluran pencernaan memerlukan usaha yang lebih besar untuk mencerna makanan berlemak, yaitu perlu di emulsikan dulu dengan  cairan empedu. Nah, selama diare sebaiknya kita membiarkan usus kita beristirahat sebentar, salah satunya dengan melupakan makanan-makanan nikmat ini.

Susu, butter, eskrim, dan keju

Selama diare Anda sebaiknya menahan diri dari jenis  makanan ini. Jonjot penyerapan  pada usus anda mungkin mengalami pemendekan  dan regenerasi saat diare menyerang.  Hal tersebut akan mengahambat penyerapan laktosa, bahan yang terkandung dalam susu dan produk turunannya. Yogurt yang kaya akan kandungan probiotik mungkin menjadi pengecualian dalam aturan ini.

Minuman mengandung alkohol dan kafein

Alkohol dan kafein bersifat diuretik, yaitu menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan lewat berkemih. Hal ini dapat memperparah ancaman dehidrasi yang mengintai. Selain itu, kafein juga memiliki efek  mempercepat gerakan usus, suatu kondisi yang sebaiknya justru dihindari selama diare.

Sorbitol dan pemanis buatan lainnya

Pada beberapa orang, pemanis buatan seperti sorbitol, manitol dan xylitol dan  dapat memiliki efek laksatif bagi pencernaannya, yaitu menyebabkan sensasi ingin buang air besar. Jika anda sedang mengalami diare, sebaiknya anda menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan seperti permen rendah gula dan minuman ringan khusus diet.

Makanan yang menyebabkan produksi gas berlebih

Konsumsi buah dan sayuran sebaiknya dikurangi selama diare, terutama yang dapat meningkatkan gas dalam saluran pencernaan contohnya kol, brokoli, kembang kol, dan kacang-kacangan.

Makanan yang mungkin tercemar

Hindari makanan yang mungkin sudah tidak dalam keadaan baik, karena mungkin akan memperparah diare yang sedang terjadi. Diantaranya adalah makanan yang telah dikeluarkan dari kulkas terlalu lama, daging ayam dan ikan yang belum matang sempurna, serta makanan yang tidak ditutup dengan baik.

Selanjutnya, kira-kira makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi selama diare? Simak bahasannya dalam tulisan berikut ini: Konsumsi Makanan yang Dianjurkan Saat Diare.

Disusun oleh: dr. Nurdita Kartika


Categories: Gizi, Info Penyakit

Comments

comments