Tips Mempertahankan Makanan Kesayangan Saat Berdiet

Tips Mempertahankan Makanan Kesayangan Saat Berdiet

Apa yang anda bayangkan saat mendengar kata diet? Pantangan? Gak boleh ini, gak boleh itu?

Sejatinya diet berarti pengaturan makanan, bukan pantangan makanan. Jadi kata siapa anda tidak bisa mempertahankan makanan kesayangan anda saat menjalankan program diet? Yang perlu anda lakukan adalah mengaturnya dengan baik.

Dalam rangka bulan nutrisi Amerika Maret ini,  Devin Alexander, seorang ahli diet terkenal dari Amerika akan membagi tipsnya bersama kita. Mari kita simak baik-baik tips dari Devin! Ambillah kertas dan pena,  atau ambil hp anda dan mulai lah mencatat di memopad anda!

1) Langkah pertama:  Catat semua makanan yang anda makan dalam tiga hari

Semua ya! Yap, semua! Mulai dari sarapan, makan siang, dan juga cemilan. Ini merupakan kunci pembuka untuk keberhasilan diet anda. Disiplinlah melakukan hal sederhana ini.

2) Langkah kedua: Evaluasi

Golongkan semua makanan yang kita makan kedalam beberapa kategori:

  • Penting : golongan ini berisi makanan yang penting guna menyokong kebutuhan gizi dasar kita
  • Penting karena suka: nah! ini adalah golongan makanan kesukaan yang akan kita pertahankan
  • Tidak tahu kenapa dimakan : saat mencatat anda akan menemukan makanan golongan ini. Makanan ini tidak penting untuk pemenuhan gizi, dan anda juga sebenarnya tidak terlalu suka. Mungkin anda memakannya hanya karena suguhan ini tersedia di kantor atau di ruangan klien anda.
  • Traktiran : tidak perlu menolak undangan makan atau traktiran teman dekat anda. Devin berpesan untuk tetap mempertahankan porsi traktiran dalam seluruh menu diet anda.

3) Langkah ke tiga: Pengaturan

Setelah melakukan pencatatan selama 3 hari dan evaluasi, anda  akan mulai beralih dari seseorang yang makan sembarangan (mindless eater) menjadi orang   mulai menjadi seorang yang makan dengan kesadaran (mindful eater).  Anda bisa mengenali pola makan yang dilakukan selama ini dan mulai mengatur strategi. Berikut ini adalah strategi yang mulai bisa diterapkan:

Sisihkan Slot Kalori

Pengalaman Devin, sebagai penyuka coklat, Devin merasa tidak bisa meninggalkannya. Devin kemudian secara sengaja mengalokasikan sejumlah kalori untuk coklat kesayangannya, misalnya saja 200 kalori. Devin tau bahwa dia bisa makan coklat di malam hari, dan mengingat reward ini membuat dia lebih mudah menahan diri sepanjang hari. Dan, setelah ditunggu-tunggu, hmmm…coklat yang dinanti ini  bahkan terasa lebih enak!

Anda bisa mulai melakukan hal ini untuk makanan kesukaan anda, baik itu sepotong cheescake atau sepotong gorengan. Perlu diingat bahwa sepotong gorengan bisa mengandung 500 kalori. Sisihkan sejumlah kalori pada hari dimana anda ingin makan sepotong gorengan. Hal itu bisa disiasati salah satunya dengan mengurangi porsi nasi saat makan siang. Bayangkanlah gorengan kesukaan anda yang akan dimakan sore hari nanti, anda tidak akan keberatan kan menyisihkan nasi siang ini?

Hanya Bagian yang Paling Disukai

Nah, sekarang coba cek apa makanan kesayangan anda? Misalnya saja, makanan kesayangan kita adalah pizza. Bagian apa dari pizza yang paling kita rindukan? Let’s say, bagian tersebut adalah kejunya. Alih-alih memakan seloyang pizza, coba saja masak lelehan keju dan bubuhkan sejumlah saus. Walaupun tidak persis sama, hal ini cukup menjadi obat rindu.  Atau misalnya, anda suka sekali dengan sate kambing. Seringkali yang paling disukai dari sate adalah bumbunya.  Nah, daripada memakan seporsi sate, bagaimana jika anda mengkonsumsi bumbu sate dari warung sate kesayangan yang ditambahkan ke menu diet anda?

Potong Kalori Sumber Lain

Pengalaman salah satu klien Devin ini mungkin bisa menjadi pelajaran. Setelah melakukan pencatatan selama 3 hari, mereka menemukan bahwa klien tersebut selalu mengkonsumsi granola dengan 700 kalori untuk sarapan. Devin kemudian menyarankan mengganti granola dengan sereal senilai 200 kalori. Sekarang  kita punya sisa 500 kalori yang bisa diatur kembali, misalnya 200 kalori untuk makanan kesayangan dan 300 kalori dibuang demi penurunan berat badan.

Temukan Resep Enak dan Sehat

Sudah bukan zamannya lagi mitos makanan enak tidak sehat. Saat ini di internet bertebaran resep makana enak sehat, salah satunya yang ditulis oleh Devin. Biasanya pada resep tersebut juga disertai dengan tips pengolahan makanan yang dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi. Baik itu cara pemilihan bagian daging yang mengandung lemak jenuh paling sedikit, atau tips mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun. Temukan resep terbaik untuk bahan makanan kesukaan anda dan olah lah secara bijaksana.

Devin berpesan bahwa diet haruslah menjadi  kegiatan yang menyenangkan, anggap lah ini sebagai permainan, dan jangan lupa untuk mengajak teman untuk ikut serta. Hal ini dilakukan agar kita tidak perlu merasa berat dan semangat terus terjaga.

Hindari perubahan ekstrem, dan lakukanlah perubahan kecil yang dapat anda lakukan terus menerus. Tidak perlu merasa sedih penurunan berat badan tidak terjadi segera. Jika ditemukan penurunan sedikit, itu berarti tidak ada kenaikan berat badan kan? Nikmatilah semua proses, jalani strategi anda secara konsisten.


Categories: Gizi, Makanan Sehat
Tags: Diet

Comments

comments