7 Makanan Untuk Hidup Sehat dan Awet Muda

7 Makanan Untuk Hidup Sehat dan Awet Muda

Seiring dengan perkembangan zaman, dan semakin baiknya pelayanan kesehatan yang tersedia saat ini menyebabkan harapan hidup seseorang  menjadi lebih panjang. Pada tahun 2025, diperkirakan harapan hidup orang Indonesia adalah 73.7 tahun, melonjak tinggi dari saat ini yang hanya 69 tahun.  Terlepas dari suratan takdir yang telah melekat pada setiap orang, apakah kira-kira kita bisa mencapai usia tersebut? Dan jika kita mencapainya, apakah kira-kira kita bisa menjalani usia  tua dalam keadaan sehat atau sakit-sakitan?

Menjalani usia tua dalam keadaan sehat bukanlah hal yang mustahil. Menjaga tubuh tetap aktif dan mengkonsumsi makanan bergizi yang kaya antioksidan merupakan usaha yang harus dilakukan. Di sarikan dari buku The Longevity Kitchen karta Rebecca Katz; berikut ini adalah 7 makanan bergizi yang memiliki manfaat kesehatan untuk menjaga kita sehat dan awet muda:

Brokoli

Brokoli serta keluarganya seperti selada, pakcoy, kale dan kubis memiliki banyak kandungan vitamin, asam folat,  dan antioksidan  seperti isothyocianate, lutein, zeaxantian, idole-3-carbinol, serta sulforaphan. Kesemua zat gizi ini penting untuk menjaga sel –sel sehat dari pengaruh kerusakan dari radikal bebas.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan baik itu walnut, kecang tanah, pistachio atau almond merupakan sumber yang kaya ALA (Alpha Linolenic Acid). ALA merupakan salah satu jenis asam lemak omega 3 yang juga mampu menurunkan proses inflamasi. Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di The New England Journal of Medicine, orang yang mengkonsumsi segenggam kacang (1 ons) setiap harinya, 20% lebih rendah mengalami kemungkinan terkena penyakit jantung dan kanker.

Biji-bijian

Biji-bijian seperti gandung atau beras yang masih memilki kulit ari mengandung banyak antioksidan dan vitamin dan serat. Ketiga kombinasi ini akan menjadi tentara yang ampuh untuk melawan kolesterol tinggi dan membantu mengatur gula darah untuk mencegah diabetes.

Salah satu jenis biji-bijan yang popular, oats, memiliki kandungan antioksidan bernama avenathramides yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit kardiovaskuler.

Tomat

Lycopene yang banyak terkandung di dalam tomat diketahui memiliki efek protektif terhadap kanker prostate, paru, dan gaster.

Cabai-Paprika

Cabai dan paprika memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Karena tubuh kita tidak menghasilkan vitamin C sendiri, maka diperlukan asupan dari luar. Vitamin C merupakan antioksidan yang penting untuk memperkuat sistem imun.  Cabai juga mengandung lycopene seperti yang banyak dikandung di dalam tomat.

Buah berry

Buah berry baik itu blueberry, strawberry atau arbei (raspberry) memiliki kandungan antioksidan bernama anthocynanis,yang baik untuk fungsi otak, keseimbangan, dan kekuatan otot.

Dark Chocolate

Coklat banyak mengandung zat antiinflamasi bernama flavonoid. Selain bekerja sebagai antioksidan, flavonoid juga mengandung zat yang mampu mencegah bekuan darah. Proses penuaan dan kematian sel merupakan hal yang diinduksi oleh proses inflamasi molekuler.


Categories: Makanan Sehat

Comments

comments