7 Makanan Untuk Menjaga Mood Anda

7 Makanan Untuk Menjaga Mood Anda

Sejumlah penelitian yang didesain untuk mengetahui hubungan antara diet dan depresi telah dikerjakan pada beberapa tahun ini.  Salah satunya, yang dimuat dalam jurnal BMC Psychiatri Juni 2013 menyimpulkan bahwa diet sehat memiliki peranan dalam menjaga mood dan menjauhkan seseorang dari depresi. Sebaliknya, makanan yang tidak sehat seperti makanan berlemak, kaya akan gula, kurang serat, sayur dan buah akan menyebabkan seorang berada dalam status kesehatan yang buruk.

Dr. Felice Jacka dari  Alliance for the Prevention of Mental Disorders,  dan Professor dari Deakin University Australia yang ikut mengerjakan penelitian ini  menyebutkan bahwa konsep makanan sehat dengan mengkonsumi   beberapa porsi buah dan sayuran, daging rendah lemak dan beberapa kali mengkonsumsi makanan “enak” merupakan cara yang penting untuk menunjang kesehatan mental seseorang. Penelitian Dr. Jacka  selama bertahun-tahun menyimpulkan  bahwa makanan sehat dan beraneka ragam merupakan faktor yang penting untuk memperbaiki mood.

Untuk menghindari mood yang memburuk karena kekurangan zat gizi, jangan lupa untuk menyelipkan makanan berikut ini di dalam menu diet anda!

Coklat 

Penelitan yang diterbitkan pada tahun 2013 oleh Journal of Psychopharmacology melakukan penelitian untuk mengetahui efek coklat terhadap kemampuan kognitif dan mood seseorang. Penelitian ini  melibatkan 72 wanita yang dibagi dalam 3 grup, masing masing mengkonsumsi coklat panas dengan kandungan polifenol yang berbeda (0, 250 dan 500mg). Diakhir penelitan diketahui bahwa kelompok yang mengkonsumsi coklat dengan kandungan polifenol paling tinggi merasakan perubahan mood yang paling baik, merasa lebih tenang dan puas pada dirinya.

Kopi

Mengkonsumsi segelas kopi dapat mempengaruhi mood anda secara signifikan baik pada periode jangka pendek maupun periode jangka panjang. Kopi mengandung stimulan yang dapat meningkatkan mood. Pada periode jangka panjang, penelitian pada September 2011 yang di publikasikan pada Jurnal Archives of Internal Medicine menyebutkan bahwa wanita yang gemar mengkonsumsi kopi, memiliki risiko depresi yang lebih rendah.

Probiotik

Probiotik atau bakteri baik dapat ditemukan pada yoghurt, yakult atau makanan terfermentasi lainnya. Hingga saat ini belum ditemukan mekanisme yang jelas mengenai pengaruh probiotik terhadap depresi atau mood. Namun Dr. Jacka tetap menyarankan konsumsi yoghurt sebagai bagian  dari perencanaan makanan sehat  yang pada akhirnya membuat mood tetap terjaga.

Sayur-Sayuran

Perasaan depresi dan mood yang jelek pada seseorang salah satunya dapat dipicu oleh kekurangan nutrisi. Dr. Jacka menyarankan untuk mengkonsumsi hingga empat porsi sayuran perharinya untuk memperoleh proteksi terhadap mood yang jelek. Saat kita sedang sedih, kita mungkin tidak  pernah terpikir bahwa wortel dengan banyak kandungan vitamin dan mineralnya ternyata dapat memperbaiki mood kita. Buncis dan  kacang polong juga diketahui memilki kemampuan yang sama, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition, Health, and Aging 2013.

Buah-Buahan

Buah merupakan kompenen penting makanan sehat untuk melawan depresi  dan memperbaiki mood. Pada penelitian tahun 2010 di Finlandia terhadap 3600 responden, didapatkan data bahwa risiko depresi meningkat pada orang yang tidak mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup. Buah memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, dan mikronutrien serta  memiliki rasa manis yang sama menyenangkannya dengan mengkonsumsi permen atau cheese cake. Konsumsi banyak buah-buahan dapat dimulai dengan banyak mengkonsumsi pisang,  yang telah diketahui mampu memperbaiki mood.

Ikan

Hasil penelitian yang dipublikasikan pada Januari 2014 di American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa ikan merupakan salah satu makanan sehat yang dapat melawan depresi. Cobalah mengkonsums 3 ons sajian ikan 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan manfaat kesehatan ikan.

Daging rendah lemak

Protein dengan kualitas tinggi merupakan salah satu pondasi konsep makanan sehat yang dapat menjaga mood. Protein sehat salah satunya diperoleh dari daging sapi yang mendapat makanan sehat (rumput-rumputan). Makanlah 3-4 ons daging tanpa lemak, atau kira-kira sebesar kartu remi sebanyak 2-3x seminggu.


Categories: Makanan Sehat

Comments

comments