Apa Saja Sumber Makanan Tinggi Kalsium Selain Susu Sapi?

Apa Saja Sumber Makanan Tinggi Kalsium Selain Susu Sapi?

Kalsium merupakan komponen penting pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Namun lebih dari itu, kalsium juga memegang peranan penting di dalam tubuh. Mikronutrien ini juga berperan dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, meregulasi tekanan darah, dan mencegah resistensi insulin yang merupakan cikal bakal terjadinya diabetes mellitus tipe 2. Orang dewasa sebaiknya mengkonsumsi  1000 mg kalsium setiap hari. Kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan meminum segelas susu atau yoghurt. Namun susu bukan merupakan sumber utama dari kalsium. Masih banyak sumber  makanan selain susu yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium kita. Apa saja ya makanan tersebut?

Susu Kedelai

Dalam setiap gelas susu kedelai berukuaran 250 cc  kita bisa mendapatakn 300 mg kalisum atau sudah dapat memenuhi 30% kebutuhan kalsium harian kita.  Susu kedelai juga diketahui mengandung protein yang lebih banyak daripada susu sapi biasa.

Tofu 

Tofu merupakan salah satu varian hasil olahan dari kacang kedelai.  Selain sudah terkandung didalam kacang kedelai, produsen tofu juga kerap melakukan fortifikasi kandungan kalsium ke dalamnya. Untuk memastikan jumlah kalsium yang dikandung oleh masing-masing produk tofu anda bisa mengecek pada label kemasan. Dengan takaran 1/2 gelas (1 gelas ukuran 250 cc), anda bisa mendapatkan 861 mg kalsium yang setara dengan 86% kebutuhan kalsium harian. Walaupun tidak sebanyak pada tofu, tahu biasa juga merupakan sumber kalsium yang baik bagi tubuh.

Sayuran Hijau (Pak Coy, Kale, Brokoli)

Sayuran  ini memiliki kandungan vitamina A, vitamin C, kalsium dan serat.  Satu piring pakcoy, yang terdiri dari 3 gelas takar pakcoy bisa memenuhi hampir 21% kebutuhan kalsium harian anda. Pada satu gelas takar pakcoy mentah yang sudah dipotong-potong, kita dapat menemukan 74 mg kalsium atau senilai dengan 7% kebutuhan harian. Dengan takaran yang sama, kale mengandung lebih banyak kalsium (14% kebutuhan harian) dan brokoli  mengandung kalsium yang lebih sedikit (4% kebutuhan harian).

Sarden

Dengan mengkonsumsi 7 potong sarden, kita  akan memperoleh 321 mg kalsium atau sama dengan 32% kebutuhan harian kalsium anda. Selain mengandung kalsium, sarden juga mengandung omega 3 dan vitamin D.

 Jeruk

Dalam setiap satu buah jeruk ukuran sedang, anda bisa mendapatkan 65 mg kalsium yang bisa memenuhi 6% kebutuhan kalsium harian.

Oatmeal

Oatmeal yang saat ini dipasarkan  merupakan oatmeal yang telah diperkaya dengan kandungan kalsium. Memilih sarapan dengan oatmeal berarti anda akan mendapatkan makananya yang kaya serat, tinggi kalsium dan baik bagi jantung. Dalam satu gelas takar oatmeal mentah, kita bisa mendapatkan 187 mg kalsium atau senilai dengan 19% kebutuhan kalsium.

Kacang almond

Jika anda mencari cemilan sehat, kacang almond bisa menjadi pilihan anda. Dalam satu gelas takar almond (143 mg) mengandung kalsium sebanyak 378 mg atau bisa memenuhi 38% kebutuhan kalsium anda.

Biji Wijen

Taburan biji wijen yang biasa kita temui pada onde-onde ternyata memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Dalam setiap satu sendok makan biji wijen, kita bisa mendapatkan 88mg kalsium atau setara dengan 9% kebutuhan harian kalsium kita. Selain kaya kalsium biji wijen juga bisa membantu penurunan tekanan darah.

Setelah mengetahui berbagai makanan yang kaya akan kalsium, rekomendasi lain yang perlu diperhatikan adalah anda perlu mencukupi kebutuhan vitamin D. Hal ini penting karena tanpa vitamin D yang cukup, kalsium yang diserap tidak akan optimal.

(Baca juga: Hal Penting Seputar Vitamin D yang Harus Anda Ketahui)


Categories: Makanan Sehat

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.