Kurma Ternyata Memang Bukan Buah Biasa, Ini Dia Manfaat Kesehatan yang Terkandung pada Kurma

Kurma Ternyata Memang Bukan Buah Biasa, Ini Dia Manfaat Kesehatan yang Terkandung pada Kurma

Selain karena rasanya yang enak, kurma ternyata memang memiliki segudang kebaikan lainnya.Buah ini diketahui mengandung kandungan gizi essensial, vitamin serta mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan dan kesehatan umum tubuh. Berikut ini adalah manfaat kesehatan buah kesayangan Rasulullah SAW yang perlu kita ketahui:

Buah kurma yang segar mengandung daging yang lembut dan mudah dicerna. Selain itu kurma juga mengandung gula sederhana fruktosa dan dekstrosa yang siap menyuplai energi segera setelah disantap. Dalam 100 gr buah kurma, mengandung 277 kalori. Tidak heran, buah ini menjadi pilihan utama untuk berbuka selama bulan puasa.

Buah kurma banyak mengandung serat, yang dapat mencegah penyerapan kolesterol jahat atau LDL  (low density lipoprotein) pada usus. Selain itu, serat juga bermanfaat untuk memperlancar buang air besar. Efek laksansia ini ikut membantu melindungi permukaan usus dari bahan karsinogenik (pemicu kanker) yang mungkin menempel pada permukaan usus.

Kandungan tannin yang terkandung di dalam kurma adalah golongan antioksidan flavonoid yang telah diketahui bermanfaat untuk mencegah infeksi, anti-inflamasi dan antiperdarahan.

Kurma mengandung vitamin A  dalam jumlah cukup banyak (149 IU per 100gr). Vitamin A memiliki kandungan antioksidan untuk melindungi membran mukosa dan kulit serta penting untuk kesehatan mata. Konsumsi makanan alami yang banyak mengandung vitamin A diketahui bermanfaat untuk melindungi dari kanker pada rongga mulut dan paru-paru.

Seakan tidak habis-habis, kurma juga mengandung beberapa antioksidan lain seperti ß-carotene, lutein, dan zea-xanthin. Antioksidan tersebut memiliki kemampuan melindungi sel  tubuh dari bahaya radikal bebas. Mekanisme ini memungkinan perlindungan pada berbagai kanker seperti kanker usus, prostat, payudara, paru dan pankreas.

Kandungan antioksidan zea-xanthin  pada kurma akan terserap ke macula lutea pada retina mata. Antioksidan pada posisi anatomi tersebut  dapat berfungsi untuk melindung dari degenerasi macula pada orang lanjut usia.

Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat bagus, dimana dalam setiap 100 gr kurma diperoleh 0.9 mg zat besi (11% kebeutuhan harian). Zat besi yang cukup dibutuhkan untuk mencegah seseorang jatuh pada kondisi anemia.

Mineral lain yang terkandung di dalam kurma adalah potassium atau kalium. Dalam setiap 100gr kurma terkandung 696 mg kurma. Potassium merupakan komponen penting untuk mengatur tekanan darah, kecepatan detak jantung dan menjaga integritas sel di dalam tubuh. Tekanan darah yang terkontrol merupakan salah satu faktor penting untuk mencegah stroke dan serangan jantung.

Terakhir, kurma mengandung sejumlah vitamin dalam jumlah sedang. Vitamin tersebut antara lain adalah kelompok vitamin B kompleks dan vitamin K. Baik itu piridoksin (vitamin B6), niasin (vitamin B3), asam pantotenik serta riboflavin akan membantu tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Selain itu, vitamin K merupakan bagian penting dalam proses pembekuan darah dan metabolism tulang.

Melihat begitu banyaknya manfaat kesehatan yang terkandung dalam sebutir kurma, tidak heran kita saat ini menemukan banyak beredar minuman herbal sari kurma dalam kemasan. Mengkonsumsi kurma langsung ataupun dalam bentuk sari kurma dapat membantu  kesehatan tubuh secara umum, namun manfaat spesifik kurma sebagai obat untuk penyakit tertentu masih dalam proses penelitian lebih lanjut. Penggunaan kurma sebagai satu-satunya obat bagi seseorang yang sedang sakit tidaklah disarankan. Selain itu, bagi penderita diabetes atau yang sedang melakukan diet, sebaiknya berhati-hati mengkonsumsi kurma, mengingat tingginya kadar gula yang terkandung di dalamnya.

Baca juga:

Sirup kurma ternyata memiliki kandungan antibakteri yang lebih baik dari madu

Buah bagi penderita diabetes, apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi?


Categories: Makanan Sehat, Puasa

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.